Pelindo kerahkan tiga unit forklift evakuasi truk kontainer terguling

id pelindo,truk,kecelakaan,pelabuhan indonesia

Pelindo kerahkan tiga unit forklift  evakuasi truk kontainer terguling

Truk terguling di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Senin (19/8/2019). (ist)

Palembang (ANTARA) - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC Cabang Palembang mengerahkan tiga unti forklift untuk membantu mempercepat evakuasi truk kontainer milik perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut PT Citra Marine Transindo (CMT) yang terguling di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Sumatera Selatan, Senin.

General Manager IPC Palembang Agus Edi Santoso mengatakan unit forklift itu milik salah satu mitra kerja Pelindo yang bersedia membantu demi kelancaran lalu lintas di Kota Palembang.

“Dengan adanya unit forklift itu, proses evakuasi tidak berlangsung lama. Pada prinsipnya, ini bukan tugas Pelindo karena seharusnya tanggung jawab PT Citra Marine Transindo (CMT) selaku pemilik truk. Namun demi kepentingan bersama menjadi tidak masalah bagi kami,” kata dia.

Ia mengatakan setelah mendapatkan laporan adanya kecelakaan, Pelindo segera mengirimkan tim internal untuk memeriksa lokasi kejadian, termasuk mengumpulkan data seperti pemilik truk, tujuan, dan isi truk.

Tiga unit forklift tersebut membantu proses pembongkaran (stripping) kargo kelapa dari dalam truk kontainer yang terguling untuk dipindahkan (stuffing) ke truk lainnya.

Truk kontainer tersebut teridentifikasi milik PT Citra Marine Transindo (CMT) yang tercatat terakhir kali melakukan kegiatan delivery (pengiriman barang) ke luar dari Pelabuhan Boom Baru pada tanggal 16 Agustus 2019.

Truk membawa kontainer kosong (empty container) 40 feet dengan nomor kontainer SIKU6012761, dan tercatat dengan nomor identifikasi truk (TID) 32038.

Menurut Agus Edi Santoso, IPC Palembang selama ini berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Perhubungan Kota Palembang serta asosiasi pengelola truk angkutan pelabuhan seperti ALFI/ILFA Sumsel dan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Sumsel, untuk bersama-sama menciptakan truk angkutan pelabuhan yang sehat, laik jalan dan sesuai standar keselamatan angkutan barang yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Ini semua tak lain agar kegiatan pengangkutan barang dari dan menuju pelabuhan Boom Baru dapat berlangsung dengan baik, tertib dan lancar serta tidak mengganggu apalagi membahayakan keselamatan warga masyarakat,” kata dia.

Satu unit mobil truk tronton nopol B 9535 RX terguling didepan Restoran Pondok Kelapo Jl Demang Lebar Daun, tak jauh dari simpang Pakjo, Senin (19/8) pagi sekitar pukul 05.30 WIB.

Badan besar truk menutup seluruh ruas jalan sehingga terpaksa dialihkan. Akibatnya lalu lintas menuju simpang Polda terpaksa dijadikan satu jalur.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar