Pelajar Palembang kunjungi KRI Siwar di Sungai Musi

id Kri siwar, openship, pelajar kinjungi kro siwar di sungai musi palembang, tni al, pangkalan tni al palembang, kapal pera

Pelajar Palembang  kunjungi KRI Siwar di Sungai Musi

Pelajar di Kota Palembang, Sabtu, mengunjungi kapal perang Republik Indonesia KRI Siwar-646 yang bersandar di Sungai Musi. (Foto Antaranews.Sumsel/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Ratusan pelajar dari sejumlah sekolah di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu, mengunjungi kapal perang Republik Indonesia (KRI) Siwar-646 yang bersandar di dermaga Pangkalan TNI-AL Sungai Musi seusai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia.

Rombongan pelajar disambut Komandan KRI Siwar Mayor Laut (P) Ricky Intriadi dan diberikan kesempatan memanfaatkan momentum langka itu melihat ruangan dan fasiitas kapal perang serta berswa foto untuk kenang-kenangan.

Siswa dari berbagai SMA di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu diajak awak lapal prajurit TNI-AL keliling kapal yang memiliki tiga lantai itu.

Siswa dikenalkan sistem navigasi kapal, peralatan komunikasi, radar, persenjataan, dan ruangan tempat istirahat, tempat ibadah/musalla, serta melaksanakan tugas operasi laut personel kapal yang berjumlah 38 orang itu.

Komamdan KRI Siwar-646, Mayor Laut (P) Ricky Intriadi menjelaskan, kapal yang dikomandoinya itu jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) produksi dalam negeri galangan kapal di Pulau Batam.

Kapal ini masuk ke perairan Sungai Musi bisa dikatakan pulang kampung karena nama Siwar yang melekat di lambung KRI ini diambil dari salah satu senjata khas asal Provinsi Sumatera Selatan.

Kapal cepat rudal produksi 2014 ini melaksanakan tugas patroli keamanan di pantai timur Sumatera, setelah melakukan perjalanan panjang sejak Juni 2019 dan menyelesaikan tugas di sepanjang Selat Bangka beristirahat di Pangkalan TNI-AL Palembang.

Sementara sebelumnya, Jumat (16/8) sebanyak 23 peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Kementerian BUMN asal berbagai daerah Kalimantan Tengah yang mengikuti kegiatan di Kota Palembang, Sumatera Selatan difasilitasi pihak Pangkalan TNI-AL setempat mengenal kapal perang KRI Siwar-646

Penerangan Pangkalan TNI-AL Palembang, Kapten Berry menambahkan pihaknya siap memfasilitasi pelajar di daerah ini untuk berkunjung ke KRI yang bersandar di Sungai Musi.

Setiap KRI yang masuk Pangkalan TNI-AL Palembang diberikan kesempatan kepada pelajar dan masyarakat luas untuk berkunjung melihat secara dekat keunggulan dan perlengkapan kapal perang Indonesia untuk menumbuhkan semangat cinta bahari.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar