Gubernur targetkan setiap masjid di Sumsel miliki rumah tahfidz

id gubernur

Gubernur targetkan setiap masjid di Sumsel miliki rumah tahfidz

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Humas Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menargetkan setiap masjid di daerah itu memiliki rumah tahfidz untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang pandai membaca Al Quran.

"Kami menginginkan setiap masjid memiliki rumah tahfidz," kata Gubernur usai safari Jumat di Masjid Al Huda Palembang, Jumat.

Gubernur meminta program setiap masjid memiliki rumah tahfidz (penghapal Al Quran) harus segera berjalan, dan secepatnya dilaporkan kepadanya. Tujuannya agar di bulan berikutnya bisa mulai diorganisir serta diperhatikan Pemerintah Provinsi Sumsel dalam kegiatannya sehari-hari.

"Program rumah tahfidz ini sudah berjalan dimana-mana, kegiatannya diisi dahulu, kemudian nanti pembangunan fisik rumah tahfidz kami segera bangun, " ujarnya.

Bukan itu saja, kata dia, tetapi di setiap desa diharapkan nantinya memiliki rumah tahfidz.

Guberenur menekankan bahwa rumah tahfidz cukup penting dalam meningkatkan iman dan taqwa sehingga itu menjadi hal utama bagi Pemerintah Provinsi Sumsel.

Mengenai kegiatan safari Jumat yang ia lakukan dalam agenda rutinnya menjadi kesempatan dan mungkin masyarakat tidak menyangka diadakan bergilir di Palembang serta di kabupaten.

"Saya merasakan nuansa kekeluargaan di sini menandakan menjaga hubungan baik antara masyarakat di sini baik, kedekatan tokoh alim ulama, tokoh adat dan para pemuda sungguh luar biasa," ujarnya.

Gubernur juga mengimbau para jamaah yang hadir dalam nuansa merayakan HUT Indonesia, dengan memaknai untuk mengenang apa yang telah dikorbankan pada pendahulu, maka alangkah baiknya suasana semangat itu dipelihara.

"Maka dengan menyemarakkan hal ini, saya minta di setiap lorong RT atau kelurahan ada kegiatan, jangan sampai semangat itu pudar, tidak ada artinya pahlawan kalau tidak mengenang," ujarnya.

Sementara Ketua Masjid Al-Huda Hakim Hanafiah mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Gubernur beserta jajaran bisa hadir melaksanakan ibadah Jumat di masjid itu, dan ia mendoakan agar kepemimpinan Gubernur bisa berjalan dengan baik.

"Sebagai umat beragama, ini menjadi contoh silahturahim yang baik antarmasyarakat serta pemimpinnya. Kami berterima kasih bisa hadir dan melaksanakan ibadah di sini," kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar