SMN tingkatkan wawasan generasi muda terhadap NKRI

id smn sumatera selatan

SMN tingkatkan wawasan generasi muda terhadap NKRI

Agustin Teras Narang foto bersama siswa dari Provinsi Sumatera Selatan di Palangka Raya, Kamis (15/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 Agustin Teras Narang meyakini program Siswa Mengenal Nusantara yang rutin dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara, sangat berdampak positif terhadap kokohnya dan meningkatnya wawasan generasi muda terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Program yang luar biasa bagus, ini juga sangat penting, karena salah satu upaya menunjukkan secara langsung kepada generasi muda, seperti apa kehidupan dan potensi daerah lain yang merupakan bagian dari NKRI," katanya saat menjadi narasumber pada "Peserta SMN Sumatera Selatan Mengenal Kalimantan Tengah" yang digelar Angkasa Pura II bersama Garuda Indonesia di Kota Palangka Raya, Kamis.

Anggota DPD RI terpilih periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Kalteng itu berharap, program SMN dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Sebab melalui program inilah, generasi muda dari Kalimantan Tengah bisa mengenal seperti apa Sumatera Selatan, dan sebaliknya.

Dia mengatakan melalui program itu, kesadaran dan pemahaman generasi muda terhadap NKRI semakin meningkat, serta tidak lagi membeda-bedakan orang berdasarkan agama, suku, maupun lainnya.

"Tidak ada lagi membeda-bedakan kamu dari mana, kamu siapa, dan lain sebagainya. Kita adalah satu, NKRI," kata Teras Narang.

Dalam kegiatan 'Peserta SMN Sumatera Selatan Mengenal Kalimantan Tengah', pria yang pernah menjadi anggota DPR RI periode 1999-2004 dan 2004-2005 itu pun menyampaikan berbagai potensi yang dimiliki provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu.

Dia juga mengajak siswa asal Sumatera Selatan memanfaatkan program SMN tersebut untuk mengunjungi berbagai tempat di Kalteng, khususnya Tugu Soekarno, yang menjadi lokasi pemancangan tiang berdirinya Kota Palangka Raya.

"Jangan sampai tidak mengunjungi Tugu Soekarno. Di tugu itulah dahulu Presiden pertama Indonesai Soekarno memancangkan tiang tanda terbentuknya Kota Palangka Raya, sekaligus calon Ibu Kota NKRI," ujar Teras Narang.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar