Relawan Asri Musi Banyuasin bersihkan sungai dari sampah

id Sampah,Sungai,Sungai musi,Lingkungan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan a

Relawan membersihkan bantaran Sungai Musi, Sumatera Selatan, Selasa (13/8/2019). (Humas Pemkab Musi Banyuasin)

Sekayu (ANTARA) - Sejumlah relawan Arus Musi Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, membersihkan bantaran Sungai Musi yang sedang surut dari sampah.

Ketua Arsi Muba Herdoni Syafriansyah di Sekayu, Selasa, mengatakan, kegiatan gotong royong ini untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia.

"Kami mengajak juga para pemuda di Musi Banyuasin untuk membersihkan sungai ini karena saat surut banyak sekali sampah," kata dia.

Ia mengatakan dengan berbekal kantong sampah, sapu lidi, pengait sampah, dan perlengkapan lainnya, Arsi Muba bersama para peserta lainnya bekerja penuh semangat untuk membersihkan lingkungan.

Bahkan beberapa relawan rela naik turun tebing untuk menjangkau sampah.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai semangat para pemuda Musi Banyuasin untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Selain itu, peserta menilai bantaran Sungai Musi ini sebenarnya sangat indah jika dikelola dengan baik, bahkan bisa menjadi destinasi wisata.

Salah seorang peserta, Rojaki selaku duta baca Muba mengatakan sungai sejak lama menjadi bagian hidup masyarakat, namun kepedulian manusia untuk kelestarian masih sangat rendah.

"Hari ini kami mengadakan aksi peduli sampah plastik "Bersama Kita Bisa" yang menjadi slogan Trash Hero Indonesia, untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih," kata dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andi Wijaya Busro mengatakan pemerintah sangat mengapresiasi kepedulian para pemuda terhadap lingkungan ini.

"Sampah dapat menjadi sumber penyakit sehingga diperlukan kesadaran setiap warga untuk membersihkannya," kata dia.


.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar