Satgas Karhutla akan tindak tegas pelaku pembakaran

id Hutan,karhutla sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisata palem

Satgas Karhutla  akan tindak tegas pelaku pembakaran

Danrem Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Satuan tugas antisipasi kebakaran hutan dan lahan Sumatera Selatan akan menindak tegas pelaku pembakaran hutan, kata Dansatgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan Kolonel Arh Sonny Septiono dalam keterangan tertulisnya di Palembang, Senin.

Bila terbukti ada yang membakar hutan dan lahan pihaknya akan menindak tegas, ujar dia.

Menurut Danrem 044/Garuda Dempo itu, memang pihaknya telah melakukan pemadaman seperti kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir di Desa Palu Kecamatan Pemulutan dan KM 16 jalan utama Palembang-Inderalaya.

“Kita sudah melakukan pencegahan dengan sosialisasi dan patroli serta komunikasi dengan masyarakat di desa-desa yang rawan terhadap Karhutla," katanya.

Kesemuanya itu untuk menekan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, ujar dia.

Pencegahan hal utama yang dilakukan oleh Satgas Karhutla, setelah itu melakukan tindakan tegas terhadap pelaku yang sengaja melakukan pembakaran, bila perlu tembak di tempat.

Yang jelas pihaknya terus berusaha melakukan pencegahan karena bila terjadinya kebakaran hutan dan lahan maka akan merugikan masyarakat, ujar Danrem yang didampingi Dandim 0402/Ogan Komering Ilir Letkol Inf Riyandi.

“Selain itu Satgas tidak mengenal waktu libur anggotanya juga disiagakan untuk terus melakukan patroli hingga malam hari, ini karena api dimulai pada malam hari dan siangnya sudah membesar, " katanya.