KPU OKU Timur sahkan 45 nama anggota DPRD Kabupaten

id KPU,KPU OKU Timur,OKU Timur,DPRD,legislatif,pemilu,pemilu 2019,pileg 2019

Penandatangan surat pengesahan anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir oleh Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya dengan disaksikan Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi (paling kanan) di Martapura, Senin (12/8/2019). (Antara News Sumsel/Joko Wiyanto/19)

Martapura (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan,  akhirnya mengesahkan 45 nama anggota DPRD setempat, setelah sebelumnya sempat masuk dalam permohonan sengketa ke Mahkamah Konstitusi.

Pengesahan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon anggota terpilih DPRD Kabupaten OKU Timur hasil Pemilu 2019, di Martapura, Senin.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini adalah tindak lanjut dari surat putusan KPU RI Nomor 109/PY.01.1 SD/06/KPU/VIII/2029 perihal Tindak Lanjut Putusan MK, tertanggal 8 Agustus 2019,” kata Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya.

Sebanyak 10 partai politik berhasil menempatkan wakilnya duduk di kursi DPRD Kabupaten OKU Timur, akan tetapi hanya dua partai yang memperoleh suara tertinggi dengan sama-sama memperoleh enam kursi,  yakni Gerindra dan Golkar.

Sementara, untuk partai NasDem dan Demokrat masing-masing memperoleh lima kursi, sedangkan partai lainnya di bawah empat kursi.

Perolehan suara terbanyak perorangan diperoleh Masrin Diana dari PKB daerah pemilihan (dapil) ll dengan perolehan 7.572 suara, disusul dr Herly Sunawan dari Partai NasDem dapil ll dengan perolehan 7.469 suara.

Rapat pleno penetapan kursi caleg terpilih ini baru bisa dilaksanakan sebab sebelumnya penyelenggaraan pemilihan legislatif Kabupaten OKU Timur masuk dalam permohonan sengketa ke MK.

Rapat pleno terbuka dilaksanakan sebagai agenda pamungkas dari seluruh rangkaian tahapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengucapkan terima kasih kepada komisioner KPU dan Bawaslu OKU Timur sebagai penyelenggara pemilu, karena pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada partai politik sebagai peserta pemilu karena sudah mengikuti tahapan dengan baik.

“Untuk calon terpilih nantinya diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mewakili suara rakyat, serta mampu menjaga kesatuan dan persatuan daerah kita, sebab di Bumi Sebiduk Sehaluan ini multi etnis dan agama,” kata dia.
Pewarta :
Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar