Jamaah diingatkan ikuti panutan nabi dalam berkurban

id Jamaah diingatkan ikuti panutan nabi dalam berqurban,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan amper

Jamaah diingatkan ikuti panutan nabi  dalam berkurban

Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menyumbangkan 10 ekor sapi dan empat ekor kambing kepada sejumlah panti asuhan dan msyarakat yang berhak menerima pdaging qurban ada perayaan Idul Adha 1440 Hijriah. (11/8) (ANTARA/Daniel Leonard)

Ambon (ANTARA) - Khatib Ustad Burhanuddin Tidore mengingatkan jamaah hendaknya mengikuti panutan Nabi Ibrahim Ali Wassalam dan Nabi Ismail dalam mematuhi perintah Allah SWT untuk berkurban.

"Ikhlaslah dalam berqurban serta berkehidupan sosial dengan saling menyayangi satu sama lain dan berkomitmen untuk merajut kebersamaan guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Ustad Burhanuddin di Ambon, Minggu.

Penjelasan tersebut disampaikan saat bertindak sebagai khatib pada Sholat Idul Adha 1440 Hijriah di halaman Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease yang diikuti 300-an jamaah dan bertindak selaku imam adalah Hj Hasanuddin.

"Dalam ibadah qurban, kita tidak saja diminta untuk membuat kalkulasi untung-ruginya suatu pekerjaan, namun dalam mensucikan harta kita dianjurkan untuk menyumbangkan kepada fuqora dan masakin, golongan mustadhafin melalui penyembelihan hewan qurban," tandasnya.

Usai sholat berjamaah dilanjutkan dengan penyembelihan dan pembagian daging qurban.

Wakapolres setempat, Kompol Ferry Mulyana Sunarya menjelaskan, untuk perayaan Idul Adha 1440 Hijriah telah disumbangkan 10 ekor sapi ditambah empat ekor kambing kepada anak-anak di sejumlah panti asuhan maupun kepada masyarakat yang berhak menerima.

"Untuk anak-anak di panti asuhan Hidayatullah Liang, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupten Maluku Tengah disumbangkan satu eko sapi dan kami juga membagikan daging qurban kepada 250 warga yang berhak di sekitar Mapolres," kata Wakapolres.

Selain itu juga dibagikan daging qurban kepada tiga yayasan panti asuhan di Kota Ambon.

Daging qurban yang diserahkan ini merupakan hasil sumbangan Kapolres Pulau Ambon dan PP Lease, AKBP Sutrisno Hady Santoso sebanyak dua ekor, Wakapolres beserta isteri dan anak, sejumlah kapolsek maupun isteri, sejumlah pejabat utama Polres termasuk Kasubag Humas Polres, Ipda Julkisno Kaisupy.