Pertamina Sumbagsel bentuk Satgas Idul Adha amankan distribusi energi

id pertamina,pertamax,pertalite,LPG,idul adha,hari raya,energi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palemba

Pertamina Sumbagsel bentuk Satgas Idul Adha  amankan distribusi energi

Tim Satgas Idul Adha Pertamina Sumbagsel. (Humas Pertamina)

Palembang (ANTARA) - PT Pertamina Region Sumatera Bagian Selatan membentuk Satuan Tugas Idul Adha untuk mengamankan stok dan distribusi energi selama perayaan hari raya kurban tersebut.

Region Manager Communication & CSR Sumbagsel Rifky Rakhman Yusuf di Palembang, Jumat, mengatakan satgas ini akan bertugas dari tanggal 9-13 Agustus 2019 untuk menjaga kelancaran distribusi mulai dari jenis gasoline (turbo, pertamax, pertalite) hingga gasoil (dex, dexlite).

“Tidak ingin mengganggu kekhidmatan ibadah Idul Adha, Pertamina membentuk satgas yang tugasnya menjaga distribusi dan keamanan stok energi,” kata dia.

Baca juga: Dinas Peternakan OKU pastikan hewan kurban layak konsumsi

Ia mengatakan satgas akan terdiri dari beberapa unsur mulai dari fungsi aviasi untuk avtur, gas domestik untuk LPG, retail fuel marketing untuk BBM, supply and distribution untuk kegiatan distribusi, serta dukungan fungsi lain siap menjaga ketahanan energi selama Idul Adha.

Rifky mengatakan bahwa terdapat peningkatan kebutuhan energi selama masa Satgas Idul Adha ini. Untuk BBM, diperkirakan ada peningkatan sekitar 2 persen untuk jenis gasoline (turbo, pertamax, pertalite) atau sekitar 113 kilo liter (KL), sedangkan jenis gasoil (dex, dexlite) kemungkinan akan turun 6 persen atau sekitar 315 KL dibandingkan konsumsi rata-rata hariannya.

Baca juga: Masyarakat beli hewan kurban perlu disertai SKKH

“Untuk mengantisipasi kenaikan Gasoline, kami akan siapkan tambahan dan optimalisasi saluran distribusi mulai dari yang masuk ke terminal BBM sampai sarana distribusi ke SPBU,” kata dia.

Gasoil meski turun tetap disiagakan stoknya, ia melanjutkan, SPBU di jalur utama lintas Sumatera dan Tol Trans Sumatera stok BBM-nya akan disesuaikan untuk memastikan kebutuhan masyarakat.

Kebutuhan penting lainnya adalah LPG, yang diperkirakan akan meningkat selama masa Idul Adha. Untuk LPG PSO subsidi 3 kg diperkirakan akan meningkat sekitar 5,1 persen dan LPG NPSO meningkat 8 persen dibandingkan konsumsi normal harian. Sementara secara total PSO dan NPSO, kenaikannya diperkirakan sekitar 5,4 persen.

“Kami akan menyiagakan seluruh depot LPG, agen, dan pangkalan LPG untuk tetap beroperasi dan melayani masyarakat,” kata Rifky.

Baca juga: Hewan kurban wajib kantongi surat keterangan reproduksi
Baca juga: Mabes TNI terima 20 ekor hewan kurban dari ACT

Baca juga: Ini tips dari Pemkot Palembang cara pilih hewan kurban
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar