Akibat kebakaran, jalur pendakian Gunung Ciremai sementara ditutup

id jalur pendakian ciremai,kebakaran hutan ciremai,gunung ciremai,kebakaran hutan lahan

Akibat kebakaran, jalur pendakian Gunung Ciremai sementara ditutup

Arsip Foto - Petugas berusaha memadamkan kebakaran yang melanda kawasan hutan di Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (3/10/2018). ANTARA JABAR/Dedhez Anggara

Kuningan (ANTARA) - Seluruh jalur pendakian Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat, untuk sementara ditutup karena area hutan di kawasan puncaknya terbakar pada Rabu sekitar pukul 13.00 WIB.

"Mulai hari ini seluruh jalur pendakian, baik dari Linggarjati, Palutungan, maupun Majalengka sementara ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuswandono dalam pesan tertulis yang diterima ANTARA di Cirebon, Rabu.

Menurut dia, tim gabungan dari Balai TNGC, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka, warga, dan Mitra Pendakian Gunung Ciremai (MPGC) Apuy menuju lokasi kebakaran pukul 15.00 WIB untuk mengevakuasi para pendaki dan melakukan pemadaman.

"BTNGC dan petugas MPGC mengevakuasi semua pendaki yang ada di jalur pendakian baik Jalur Apuy, Palutungan, dan Linggarjati," ujarnya.

Menurut data BPBD Kabupaten Kuningan, pendaki yang masih berada di jalur pendakian jumlahnya 61 orang dengan perincian 25 orang di jalur pendakian Apuy, 31 orang di jalur pendakian Palutungan, dan lima orang di jalur pendakian Linggarjati.
 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar