1.136 warga terserang ISPA terpapar asap

id ispa, ispa pekanbaru, dampak asap pekanbaru, karhutla,asap kebakaran,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

1.136 warga terserang ISPA terpapar asap

Ilustrasi - Kondisi kabut asap (Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 1.136 warga Kota Pekanbaru sudah terserang Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) diduga akibat terpapar asap kebakaran lahan dan hutan di sejumlah wilayah di Riau.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru meminta seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat untuk siaga melayani warga yang terserang penyakit akibat dampak asap tersebut.

"Kami sudah kumpulkan seluruh kepala puskesmas di Kota Pekanbaru untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat, baik itu balita, ibu hamil dan lansia yang terkena dampak kabut asap," kata Plt Kadiskes Pekanbaru Muhammad Amin, di Pekanbaru, Rabu.

Baca juga: BMKG :akibat kabut asap jarak pandang di Pekanbaru 2.000 meter

Muhammad Amin, meminta petugas puskesmas untuk memaksimalkan pelayanan bagi warga yang terserang ISPA.

"Kami juga meminta agar penderita ISPA betul-betul tertangani dengan baik," ujarnya.

Menurut dia hingga Selasa (6/8) pagi, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengungkapkan setidaknya 1.136 warganya terserang infeksi saluran pernapasan dampak kebakaran hutan dan lahan yang masih terjadi di sejumlah kawasan di Riau. Lebih separuhnya dari mereka adalah usia produktif yang banyak beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Kebakaran lahan di Ogan Ilir, Satgas kerahkan 4 helikopter pembom air

Untuk itu, kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru diimbau untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat yang terkena ISPA tersebut.

Bahkan, lanjut Muhammad Amin, Diskes juga sudah menghimbau kepada pihak petugas puskesmas, termasuk puskesmas rawat jalan, agar memanfaatkan ruang IGD untuk tempat evakuasi warga yang terkena ISPA.

Baca juga: Sumsel maksimalkan antisipasi Karhutla, jangan sampai kabut asap terulang

"Walau kami belum terima laporan terkait pasien ISPA yang dirawat," ujarnya.

Selain itu, Muhammad Amin juga terus mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau terpaksa ke luar rumah hendaknya menggunakan masker.

Baca juga: Jalan lintas timur Ogan Ilir tertutup asap akibat kebakaran lahan
Baca juga: Warga Pekanbaru mulai terganggu kesehatannya akibat asap
Baca juga: Calon anggota Paskibraka Riau berlatih di tengah kabut asap