ACT bakal distribusikan 1.000 hewan kurban di DIY

id Kambing,Kurban,ACT,hewan kurban,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang,

ACT bakal distribusikan 1.000  hewan kurban di DIY

Kambing kurban ACT DIY. (ACT)

Yogyakarta (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mendistribusikan 1.000 kambing kurban untuk warga di seluruh pelosok di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"In syaa Allah di momentum Idul Adha kali ini ACT DIY akan mendistribusikan 1.000 ekor kambing ke seluruh DIY, daerah prioritas yang mendapatkan distribusi paling banyak adalah Gunungkidul dan Kulonprogo," kata Kepala Cabang ACT DIY Bagus Suryanto melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, wilayah-wilayah yang menjadi prioritas Global Qurban-ACT dalam mendistribusikan hewan kurban ialah wilayah dengan taraf ekonomi yang rendah, wilayah pascabencana, serta daerah-daerah yang sangat membutuhkan bantuan hewan kurban.

Untuk wilayah DIY pasokan hewan kurban, kata dia, didatangkan dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW) milik Global Wakaf-ACT yang berada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Selanjutnya sekitar 1.000 ekor kambing kurban ditampung di kandang ternak milik ACT DIY yang berlokasi di Akademi Relawan Indonesia (ARI) di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem-Sleman.

"Kambing-kambing kurban yang akan dikurbankan tersebut sebelumnya sudah ditimbang dengan berat rata-rata 27 kilogram dengan usia di atas 1 tahun agar memenuhi syarat sahnya hewan kurban," kata Bagus.

Sebagai gambaran pemerataan distribusi, 1.000 ekor kambing ACT DIY akan dibagikan sesuai floating, 300 ekor untuk Kabupaten Gunungkidul, 300 ekor untuk Kulonprogo, 150 ekor untuk Bantul, 150 ekor didistribusikan di Sleman, dan sebanyak 100 ekor akan didistribusikan di wilayah Kota Yogyakarta.

Menurut dia, Gunung Kidul menjadi sasaran utama penyaluran daging kurban karena merupakan daerah yang kini sedang dilanda kekeringan dan gagal panen yang luar biasa, sementara di Kabupaten Kulonprogo terutama yang agak pelosok jarang mendapatkan daging kurban ketika Idul Adha tiba.

Selain itu, secara keseluruhan ACT rencananya akan mendistribusikan hewan kurban di 265 kabupaten/kota yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia dan 50 negara di penjuru dunia.

Sementara itu Tim Implementasi Program ACT DIY, Kharis Pradana mengatakan selain mendistribusikan hewan kurban ACT juga menerima bantuan donasi kurban untuk disalurkan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan.

"Untuk satu ekor kambing seberat 27 kg seharga Rp 1.650.000 dan untuk sapi seberat 220 kg seharga Rp 11.550.000, penyaluran donasi dapat dilakukan melalui bank BNI Syariah dengan nomor rekening 8800000 150 atas nama Global Qurban," kata Kharis.