Korem Gapo dukung pemanfaatan lahan rawa untuk pertanian

id program serasi, korem,tanah rawa,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, w

Korem Gapo dukung  pemanfaatan lahan rawa untuk pertanian

Danrem Gapo (Dok.Penrem)

Palembang (ANTARA) - Jajaran Korem 044/Garuda Dempo akan mendukung sepenuhnya pemanfaatan lahan rawa untuk pertanian di Sumatera Selatan melalui program selamatkan rawa sejahterakan petani.

"Program selamatkan rawa sejahterakan petani (Serasi) akan berdampak pada peningkatan indeks pertanian dan produktivitas serta peningkatan pendapatan petani sehingga itu harus dikawal," kata Danrem 044/Garuda Dempo, Kolonel Arh Sonny Septiono saat memimpin rapat evaluasi pelaksanaan program Serasi di Palembang, Rabu.

Melalui optimasi lahan rawa yang dilaksanakan melalui kegiatan tata kelola irigasi pemanfaatan alat dan mesin pertanian, serta penguatan kelembagaan petani maka produksi pertanian akan meningkat.

Jadi lahan rawa yang selama ini dimanfaatkan untuk pertanian saat musim kemarau saja, dengan adanya program Serasi dapat digunakan pada saat penghujan terutama daerah pasang surut.

Hal ini dengan cara dibuatkan saluran air dan mesin pompa. Tehnik kerjanya saat musim hujan air dipompa dibuang ke sungai melalui saluran air buatan agar lahan bisa ditanami, sedangkan dimusim kemarau waktu air pasang, pintu air dibuka untuk mengairi lahan, saat surut pintu air ditutup agar air tidak kembali ke sungai.

Namun, lanjut dia, program tersebut perlu adanya pengawalan dan pendampingan secara intensif dari instansi pusat, provinsi, kabupaten dengan TNI AD.

Dengan demikian maka diharapkan berpengaruh nyata terhadap akselerasi dan hasil kegiatan di lapangan.

Sehubungan itu jajarannya akan mengawal program serasi tersebut agar berlangsung sukses dan petani semakin sejahtera.

Dalam rapat evaluasi pelaksanaan program Serasi tahun 2019 itu juga dihadiri tim pendampingan dari Mabesad Kolonel Inf Boni Pardede, dan Kolonel Inf Heldi Wira.

Selanjutnya tim pendampingan Serasi dari Mabesad akan meninjau langsung ke lokasi pelaksanaan di wilayah Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin.

Selain itu juga hadir Plh Kasrem beserta para Perwira Staf Korem 044/Gapo, para Dandim dan para Danramil jajaran Korem 044/Gapo yang wilayahnya terdapat program Serasi.