Pemprov Sumsel menyemarakkan hari ulang tahun RI adakan festival gapura

id gubernur, gapura,kemerdekaan ri,menyemarakkan hari ulang tahun,festival gapura,lomba gapura,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara pal

Pemprov Sumsel menyemarakkan hari ulang tahun RI adakan festival gapura

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka memeriahkan 17 Agustus 2019 akan melaksanakan festival gapura.

Festival gapura itu tidak lain untuk menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) Ke-74 kemerdekaan RI, kata Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Rabu.

Sehubungan itu masyarakat di daerah ini, untuk terlibat langsung dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia diantaranya mengikuti lomba gapura.

Hal ini karena salah satu agenda perlombaan yang sayang jika dilewatkan Festival Gapura HUT ke 74 RI dengan tema “Sumsel Maju Untuk Semua” memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Selatan.

Menurut gubernur, digelarnya festival Gapura itu sebagai salah satu upaya menggelorakan kembali semangat masyarakat akan nilai-nilai perjuangan yang dilakukan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan berkorban nyawa, harta bahkan keluarga.

Selain itu makna yang ingin dicapai adalah nilai kebersamaan dan keindahan dalam masyarakat.

"Kita ajak masyarakat Sumsel untuk terlibat memeriahkan hari kemerdekaan ini. Salah satunya yakni lomba gapura. Material yang digunakan juga tidak perlu yang mahal-mahal. Cukup dengan memanfaatkan yang ada diwilayah setempat," ujar Gubernur.

Dipilihnya festival gapura, lanjut gubernur karena itu memenuhi unsur keindahan yang dapat dinikmati oleh khalayak. Karena itu pihak RT/RW, Desa, Kelurahan dan Kecamatan untuk memanfaatkan momen ini sebagai wadah untuk mengungkapkan rasa syukur yang diaktualisasikan dalam karya seni festival gapura.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel, Achmad Rizwan mengarakan, pihaknya telah menyusun jadwal dimana untuk waktu pengiriman foto gapura ke panitia 29 Juli hingga 17 Agustus 2019.

Sementara untuk penilaian dilaksanakan pada 18 Agustus sampai 28 Agustus 2019. Pengumuman pemenang di zona 1 dan 2 pada tanggal 29 Agustus 2019 dan pengumuman pemenang juara tanggal 30 Agustus 2019.

"Mekanisme lomba mencakup lokasi berada di Provinsi Sumatera Selatan, peserta mencakup RT/RW, Desa, Kelurahan, Ormas, dinas/instansi/komunitas. Menyertakan logo HUT RI ke-74,logo Pemprov Sumsel, Menyertakan Tagline : Sumsel Maju Untuk Semua.

Gapura wajib memuat unsur “Keindonesiaan” antara lain, bendera merah putih, lambang negara garuda, Motif kedaerahan setempat. Tidak mengandung unsur SARA, Pornografi, Politik dan Ormas.