Pemprov Sumsel - Rumania akan jalin kerja sama ekonomi dan kesehatan

id kerjasama, rumania,gubernur,pemerintah sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, j

Pemprov Sumsel - Rumania akan jalin kerja sama ekonomi dan kesehatan

Gubernur Sumsel. (Antara)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Rumania akan menjalin kerja sama dalam berbagai bidang terutama bidang ekonomi dan kesehatan.

"Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berencana melakukan kerja sama dengan Rumania mulai dari teknologi peternakan sapi, perkebunan karet dan kopi hingga pelayanan kesehatan," kata Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Rabu.

Herman menyebutkan kerja sama dengan Rumania terkait komoditas karet ditujukan untuk memaksimalkan penggunaan komoditas itu di dalam negeri.

Ia menyebutkan karet dan kopi merupakan komoditas unggulan Sumsel sehingga produksi dan pemasarannya harus dikembangkan.

Bukan itu saja, dengan adanya kerja sama itu diharapkan komoditas unggulan tersebut memiliki nilai tambah dan harganya terus membaik sehingga petani semakin sejahtera.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan kerja sama dengan negara tersebut sehingga komoditas unggulan tersebut semakin berkembang.

Sementara kerja sama di bidang kesehatan ditujukan untuk peningkatan pelayanan terutama kepada masyarakat menengah ke bawah terkait masalah biaya.

Ia menyebutkan saat ini masyarakat sering menjadikan pengobatan di luar negeri sebagai sugesti untuk sembuh. Karena itu Pemprov Sumsel akan menginisiasi kerja sama dengan Rumania dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

Menurut dia, Rumania merupakan negara produsen obat generik, dan telah teruji kemampuannya mengobati kanker tanpa kemo terapi.

Pihaknya ingin menanamkan sugesti seperti ini namun orang tidak harus pergi keluar negeri untuk berobat tapi cukup berobat ke Sumsel.

Ia berharap dengan telah hadirnya Dubes Rumania ke Sumsel, ada yang terealisasi sekaligus untuk mempromosikan Sumsel.

Sebelumnya Gubernur Sumsel menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Luar Biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Rumania merangkap Moldova berkedudukan di Bucharest, dalam rangka membahas persiapan Indonesia Festival 2019 di Rumania dan Republik Moldova. Sumsel merupakan salah satu provinsi yang terpilih untuk mewakili Indonesia dalam Festival di Rumania dan Republik Moldovo.