Dinas Sosial Sumsel perhatikan kesejahteraan lansia

id kamar,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisata palembang, objek wisa

Dinas Sosial Sumsel perhatikan  kesejahteraan lansia

Kamar. (Foto : Nur Aprilliana Br Sitorus)

Palembang (ANTARA) - Dinas Sosial Sumatera Selatan (Sumsel) berupaya meningkatkan perhatian kesejahteraan masyarakat lanjut usia (lansia) agar hidupnya layak dan tidak menimbulkan masalah sosial di sekitar tempat tinggalnya.

Salah satu perhatian yang diberikan kepada para lansia di provinsi ini yakni membantu perbaikan kamar lansia terutama dari kalangan kurang mampu, kata Kepala Dinas Sosial Sumsel, Rosyidin Hasan di Palembang, Selasa.

Program perbaikan kamar lansia untuk membantu masyarakat miskin yang telah lanjut usia agar hidupnya sejahtera dan tinggal di tempat yang layak telah berjalan dengan baik sejak beberapa tahun terakhir .

Untuk memaksimalkan program tersebut, pada tahun ini diupayakan pendataan siapa saja masyarakat yang berusia lanjut pantas mendapatkan bantuan.

"Pendataan dengan menurunkan tim ke lapangan perlu dilakukan untuk melihat secara langsung lansia yang layak dibantu," ujarnya.

Dengan pendataan itu, bisa dilakukan seleksi ketat siapa saja yang pantas dibantu dan mencegah terjadi pengucuran dana tidak tepat sasaran.

Untuk melaksanakan "Program Perbaikan Kamar Lansia" sesuai pendataan itu, pihaknya tidak melakukan di seluruh kabupaten dan kota dalam provinsi ini.

Bagi lansia yang memenuhi persyaratan itu, akan dilakukan perbaikan kamarnya dengan alokasi dana sekitar Rp10 juta per kamar, kata Rosyidin,