Pemkot Palembang tingkatkan kualitas gotong royong bersihkan sungai

id Gotong royong, bersihkan sungai, bersama bersihkan lingkungan, bersihkan sungai musi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang,

Ilustrasi - Kawasan kumuh di bantaran anak Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan. (Antara News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan kualitas kegiatan gotong royong membersihkan sungai dan anak Sungai Musi dari sampah, meskipun telah berjalan dengan baik selama beberapa tahun terakhir.

"Kegiatan gotong royong pejabat dan pegawai pemkot bersama masyarakat setiap akhir pekan diupayakan dilanjutkan dengan kegiatan pemeliharaan bersama agar sungai selalu bersih dari sampah," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palembang, Ratu Dewa, di Palembang, Senin.

Sungai Musi dan sejumlah anak sungai yang ada di kawasan permukiman warga setempat, kata dia, memerlukan pemeliharaan bersama sehingga airnya bisa terus dimanfaatkan oleh warga kota itu.

Ia menjelaskan kegiatan gotong royong yang digerakkan jajaran Pemkot Palembang sifatnya memotivasi kepada warga kota setempat untuk peduli terhadap lingkungan dengan embersihkan saluran air dan sungai dari rumput liar dan sampah.

"Untuk memotivasi semua pihak dan lapisan masyarakat bergotong-royong, jajaran Pemkot Palembang setiap Minggu pagi, rutin bersama-sama masyarakat turun ke sejumlah kawasan permukiman penduduk dan kawasan lainnya," ujarnya.

Kegiatan bersama membersihkan sungai, kawasan permukiman penduduk, perkantoran, dan tempat lainnya itu, kata dia, bermanfaat untuk menjadikan kawasan tersebut bersih, indah, serta sebagai tempat tinggal dan beraktivitas yang nyaman dan sehat.

Dengan gotong-royong, kata dia, saluran air dan sungai kawasan permukiman penduduk yang selama ini dipenuhi sampah serta ditumbuhi rumput liar menjadi bersih sehingga bau kurang enak dan genangan air saat hujan lebat turun dapat diatasi.

Melihat besarnya manfaat kegiatan tersebut, pihaknya mengajak seluruh warga kota untuk lebih menggalakkan kegiatan itu secara rutin pada setiap akhir pekan, meskipun tanpa didampingi pihak kelurahan dan jajaran Pemkot Palembang.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar