Puluhan kades di OKU ikuti Bursa Inovasi Desa

id Puluhan kades empat kecamatan di OKU ikuti BID,Bursa Inovasi Desa,BID OKU

Puluhan kades di OKU ikuti Bursa Inovasi Desa

Teks Foto : Bupati OKU, Kuryana Azis berfoto bersama sejumlah kepala desa wilayah setempat dalam acara Bursa Inovasi Desa (BID). (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Puluhan kepala desa dari empat kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengikuti kegiatan Bursa Inovasi Desa guna mendapat informasi terkait pembangunan desa di wilayah setempat.

"Kegiatan BID ini diikuti puluhan kades dari empat kecamatan meliputi Kecamatan Pengandonan, Semidang Aji, Muara Jaya dan Kecamatan Ulu Ogan," kata Camat Pengandonan, Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Amri di Baturaja, Minggu.

Dia mengemukakan, kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pengandonan belum lama ini tersebut guna memberikan informasi kepada para peserta BID terkait penggunaan dana desa yang baik dan benar.

"Melalui kegiatan BID ini dapat menjadi sarana desa dalam bertukar informasi guna meningkatkan inovasi pembangunan desa," ungkapnya.

Dia menjelaskan, Bursa Inovasi Desa merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif dalam memberikan pengetahuan kepada perangkat desa agar menggunakan dana desa sesuai aturan yang berlaku.

"BID ini menjadi media belajar bagi perangkat desa untuk memperoleh informasi terkait penggunaan dana desa agar tidak terjadi penyalahgunaan guna menghindari jeratan hukum," tegasnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembangunan di setiap desa dan bisa menggali kreatifitas masyarakat dalam mengoptimlakan potensi yang ada.

"Melalui kegiatan BID ini diharapkan agar pemerintah desa memiliki refrensi dalam merencanakan pembangunan serta menggunakan dana desa lebih optimal, inovatif dan berkualitas," harapnya.

Sementara itu, Bupati OKU Kuryana Azis sebelumnya menambahkan Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 tersebut dilaksanakan sebagai upaya pemerintah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat agar lebih sejahtera.

Menurut dia, program ini juga bertujuan untuk menjembatani kebutuhan masyarakat desa sekaligus sebagai sarana penyelesaian masalah dalam penggunaan dana desa agar sesuai peruntukannya.

"BID ini dapat memberikan masukan kepada perangkat desa dalam kegiatan pembangunan menggunakan dana desa yang lebih efektif dan inovatif," ujarnya.