"aksi tipu terkoordinasi", Facebook tutup sejumlah akun dari empat negara

id Facebook,Akun palsu,akun penipu,negara banyak penipu,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan amper

"aksi tipu terkoordinasi", Facebook tutup sejumlah akun dari empat negara

CEO Facebook Mark Zuckerberg saat menghadiri sidang Kongres Amerika Serikat terkait kebocoran data 87 juta pengguna Facebook. (REUTERS/Aaron P. Bernstein)

Bangkok (ANTARA) - Facebook Inc pada Kamis mengatakan pihaknya telah menghapus sejumlah akun dari Rusia, Ukraina, Thailand serta Honduras, dalam langkah terbarunya melawan "aksi tipu terkoordinasi".

Facebook mengaku menutup sejumlah halaman, grup dan akun berdasarkan tingkah laku mereka, bukan konten yang mereka unggah.

Perusahaan tersebut telah menindak akun-akun seperti itu secara global setelah dihujani kecaman lantaran tidak segera mengembangkan alat untuk melawan materi bersifat garis keras dan operasi propaganda. 

"Dalam setiap kasus ini, orang-orang di balik aktivitas ini berkoordinasi satu sama lain dan menggunakan akun palsu untuk menyamarkan diri mereka sendiri," kata Kepala Kebijakan Keamanan Siber, Nathaniel Gleicher, dalam pernyataan yang dikirim ke Reuters.

"Kami tidak ingin layanan kami dimanfaatkan untuk memanipulasi orang."

Di empat negara tersebut, ada 294 akun dan 1509 halaman yang ditutup, demikian informasi Facebook.

Sumber: Reuters