Pemkab OKU gelar apel pasukan Satgas Karhutla

id Pemkab OKU,Satgas Karhutla,kebakaran hutan,kebakaran lahan,satgas kebakaran lahan

Teks Foto : Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis saat memimpin Apel Gelar Pasukan Karhutla kabupaten setempat tahun 2019 di halaman Pemkab OKU di Baturaja, Kamis. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) -  Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggelar apel pasukan Satgas Karhutla dalam upaya persiapan memasuki musim kemarau guna pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat.

"Melalui apel pasukan ini sebagai upaya kita bersama dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten OKU ini memasuki musim kemarau," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis saat memimpin Apel Gelar Pasukan Karhutla kabupaten setempat tahun 2019 di halaman Pemkab OKU di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, satgas karhutla yang sudah dibentuk di Kabupaten OKU ini dibentuk guna menyatukan langkah kesiapsiagaan dan tindakan antisipasi bencana kebakaran hutan lahan dan semak belukar agar tidak terjadi di wilayah setempat.

"Dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini seluruh masyarakat mudah-mudahan terhindar dari musibah kebakaran hutan dan lahan tersebut," katanya.

Dia mengemukakan, sejak beberapa tahun terakhir khususnya saat musim kemarau di Kabupaten OKU tidak pernah terjadi karhutla baik akibat ulah oknum warga yang sengaja melakukan pembakaran guna membuka lahan pertanian maupun perusahaan hingga berdampak pada pencemaran udara.

Hal tersebut kata dia, merupakan bukti nyata kebersamaan sinergitas sikap cepat dan tanggap dari semua elemen pemerintahan, TNI dan Polri bersama masyarakat dalam melakukan upaya pencegahan karhutla sejak dini.

"Oleh sebab itulah patut kita syukuri dan saya harapkan agar sinergitas yang solid antara semua elemen masyarakat ini dapat terus terjalin dalam melakukan pencegahan dini karhutla," ujarnya.

Bupati juga berharap kepada masyarakat untuk ikut memelihara kebersihan lingkungan dari semua gangguan polusi udara berupa asap yang dapat mencemari lingkungan sekitar.

"Untuk itu melalui apel gabungan peningkatan kesiapsiagaan pasukan satgas hari ini agar selalu waspada dan siaga bencana karhutla," harapnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar