Provinsi Bangka Belitung tuan rumah Voli Pasir Nasional

id voli pasir nasional,optimalkan sportourim

Provinsi Bangka Belitung tuan rumah Voli Pasir Nasional

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suharto (tengah) (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan Belitung ditetapkan menjadi tuan rumah Voli Pasir Nasional yang bakal berlangsung pada 19-24 Agustus mendatang.

"Kejuaraan nasional voli pasir ini akan digelar di Pantai Tanjung Pendam dan harapannya mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah ini," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Babel Suharto di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kejuaraan nasional voli pasir tahun ini yang dipusatkan di Pantai Pendam ini sesuai arahan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan sebagai upaya mengoptimalkan sportourism di Pulau Belitung.

"Wilayah sportourism Babel lebih dominan di Pulau Belitung dibandingkan Pulau Bangka. Oleh karena itu, voli pasir ini digelar di Belitung," ujarnya.

Menurut dia kejuaaran voli pasir ini nantinya akan diikuti atlet voli dari 34 provinsi di Indonesia dan ini sudah menjadi kalender tahunan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Pada tahun lalu voli pasir ini digelar di Semarang dan alhamdulillah tahun ini di Belitung," katanya.

Ia menambahkan saat ini persiapan even voli pasir ini sudah matang atas dukungan pemerintah pusat dan kabupaten untuk menyukseskan kejuaraan nasional ini.

Ia berharap dengan adanya kejuaraan nasional ini dapat memperkenalkan keindahan alam pantai, budaya, kuliner, dan tradisi masyarakat Bangka Belitung, khususnya Belitung kepada masyarakat luas.

"Alhamdulillah usulan pemprov untuk gelaran kejuaraan nasional dikabulkan Kemenpora. Pada bulan lalu, Bangka Tengah sebagai tuan rumah kejuaraan nasional atletik dan Agustus tahun ini voli pasir di Belitung," katanya.