Dinkes OKU tambah dua pusat pelayanan pasien HIV/AIDS

id logo aids,logo hiv,Dinkes OKU, Dinas Kesehatan,pengidap penyakit HIV AIDS,penyakit HIV,puskesmas oku,Kecamatan Lengkiti,berita sumsel, berita palemban

Logo Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi. (Ist)

Baturaja (ANTARA) -  Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mewacanakan akan menambah dua pusat pelayanan pasien pengidap penyakit HIV AIDS di wilayah setempat.

"Dua Puskesmas penanganan pasien penderita penyakit HIV AIDS yang akan ditambah yaitu di Desa Ulak Pandan, Kecamatan Semidang Aji dan Puskesmas di Kecamatan Lengkiti," kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Rozali di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, pendirian Pukesmas di dua kecamatan tersebut dilakukan mengingat wilayah tersebut merupakan akses masyarakat dari luar daerah masuk ke Kabupaten OKU sehingga perlu ditambah klinik penanganan HIV AIDS.

"Pendirian dua klinik penanganan HIV AIDS di dua kecamatan tersebut dinilai lebih representatif mengingat kawasan tersebut merupakan jalur masuk ke Kabupaten OKU," jelasnya.
 
Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Rozali . (Antara News Sumsel/Edo Purmana/Ang/19)

Di klinik tempat pelayanan yang akan didirikan tersebut, kata dia, pihaknya menyediakan dokter spesialis penanganan penyakit HIV AIDS dan laboratorium serta tenaga administrasi.

"Yang terpenting juga tersedia tenaga konseling karena jika salah bisa berakibat fatal," tegasnya.

Sementara terkait jumlah penderita HIV AIDS sepanjang tahun ini, Rozali mengaku pihaknya tidak begitu mengetahui jumlahnya karena hal tersebut merupakan ranah pihak rumah sakit yang ada di wilayah setempat.

"Terkait berapa banyak jumlah penderita HIV silahkan tanya langsung kepada pihak rumah sakit yang menangani kasus HIV AIDS," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar