Pemkot Palembang segera perbaiki 228 ruas jalan rusak

id Jalan,Jalan rusak,Pemkot,Palembang

Ilustrasi - Aktivitas galian kabel di Jalan Kol H Burlian, Palembang. (Antara News Sumsel/13/Feny Selly)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang dalam waktu dekat akan memperbaiki 228 ruas jalan rusak karena sudah menyelesaikan tahapan tender.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak di Palembang, Senin, mengatakan saat ini terdapat enam ruas jalan yang sudah selesai tahap tender dan mulai dikerjakan perbaikannya.

"Progres pengerjaannya sudah sekitar 15 persen dan akan segera kami upayakan secepatnya lagi," kata dia.

Bastari mengatakan perbaikan tidak hanya meliputi jalan eksisting yang rusak dengan kondisi ringan dan rusak parah, melainkan juga peningkatan jalan.

Ia mencontohkan Jalan Tanjung Barangan sepanjang 4,2 kilometer di Wilayah Gandus, misalnya tengah ditingkatkan dari jalan tanah dan akan dicor sehingga bisa layak dilalui pengendara.

Total panjang jalan ini 4,2 kilometer dari Tanjung Barangan hingga ke Talang Kelapa.

"Sepanjang 2,1 kilometer di Tanjung Barangan sudah kami cor, sepanjang 1,6 kilometer di Talang Kelapa ujung juga sudah. Sisanya ya tinggal 600 meter ini," kata dia.

Ia menjelaskan, nantinya jalan itu akan diperbaiki dengan pengecoran beton sesuai dengan struktur jalan tersebut.

Sementara untuk perbaikan jalan rusak yang masuk prioritas adalah Jalan Dempo yang berada di pusat kota pempek tersebut.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda membenarkan bahwa ada kondisi jalan yang sudah rusak parah sehingga menyulitkan masyarakat.

"Kami dapat informasi kalau jalan penghubung Tanjung Barangan akses menembus Talang Kelapa ujung dalam keadaan yang belum tersentuh,” kata dia.

Adapun terkait pembangunan, kata dia, sisa pengerjaan akan dilanjutkan pada tahun depan dengan anggaran Rp4,2 miliar.

Sebelumnya, terdapat 228 ruas jalan yang akan diperbaiki, Jalan Lettu Karim Kadir Gandus, Jalan Syakyakirti Gandus, Jalan Sidoingkenayan Gandus, Jalan Seniman Amri Yahya Jakabaring, Jalan Brigjen Hasan Kasim/Celentang, Jalan Musi Raya Sako dan Jalan Inspektur Marzuki

Kemudian ada Jalan Mataram Kertapati, Jalan Kemas Rindho Kertapati, Jalan Puncak Sekuning. Ada juga peningkatan konstruksi (Cor Beton-Aspal), pemeliharaan konstruksi (pengaspalan) drainase jalan dan jembatan.
 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar