Menteri Susi ancam "tenggelamkan" pembuang sampah plastik ke laut

id susi pudjiastuti,plastik sekali pakai,pengurangan plastik,penanganan sampah,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara h

Menteri Susi ancam "tenggelamkan" pembuang  sampah plastik ke laut

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat kampanye pengurangan plastik sekali pakai di Taman Aspirasi Monas, Jakarta, Minggu (21/7/2019). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam kegiatan pawai menolak plastik sekali pakai di Taman Aspirasi Monas, Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa pembuang sampah plastik ke lautan juga "harus kita tenggelamkan".

"Pencuri ikan kita tenggelamkan. Nah, sekarang pencuri ikan pergi, datanglah plastik. Pembuang sampah plastik ke lautan juga harus kita tenggelamkan," katanya.

Susi mengatakan 71 persen wilayah Indonesia adalah laut dan 70 persen sampah plastik yang dibuang warga akan berakhir di laut.

Tanpa ada upaya untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dia memperkirakan, jumlah sampah plastik akan lebih banyak daripada jumlah ikan yang hidup di laut Indonesia pada 2040.

Susi mengajak seluruh warga mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, termasuk penggunaan sedotan plastik sekali pakai.

"Jangan minum pakai sedotan plastik. Kalau minum pakai sedotan seperti baby (bayi), malu-maluin," katanya saat berpidato dalam kegiatan pawai yang juga dihadiri oleh penyanyi Kaka Slank.

Dia memuji warga yang sudah mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menyebutnya sebagai orang-orang yang mencintai laut.

"Anak-anak bangsa yang mencintai masa depannya, mencintai lautnya," kata Susi.

Ia juga menyebut Bali dan Banjarmasin sebagai pemerintah daerah yang bisa menjadi teladan dalam menerapkan aturan mengenai pembatasan penggunaan plastik sekali pakai.


Kaka: kurangi sampah plastik dimulai dari diri sendiri