BTN sesuaikan RBB atasi perlambatan pertumbuhan ekonomi

id Bank BTN,Rencana Bisnis Bank,RBB,Pertumbuhan ekonomi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari

BTN sesuaikan RBB atasi perlambatan pertumbuhan ekonomi

Direktur Utama Bank BTN Maryono seusai acara Ngopi Bareng Dengan Media di Menara Bank BTN, Jakarta, Jumat (19/7/2019). ANTARA/Asep Firmansyah (ANTARA/Asep Firmansyah)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengumumkan penyesuaian Rencana Bisnis Bank (RBB) untuk mengatasi perlambatan pertumbuhan ekonomi baik yang disebabkan oleh faktor domestik maupun internasional.

"Penyesuaian Rencana Bisnis Bank (RBB) perlu dilakukan karena mempertimbangkan kondisi makro ekonomi yang ada dan melihat perkembangan industri perbankan dalam negeri yang cenderung mengalami pengetatan likuiditas," ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono di Jakarta, Jumat.

Maryono menjelaskan ada sejumlah penyesuaian RBB dengan mempertimbangkan kinerja bisnis perseroan. Adapun perubahan RBB meliputi pertumbuhan kredit hingga akhir tahun yang diprediksi akan berkisar 10 hingga 12 persen.

Kemudian Dana Pihak Ketiga (DPK) diprediksi juga tumbuh di level yang sama yaitu 10 hingga 12 persen, dan aset ditargetkan bisa tumbuh di kisaran 8 hingga 10 persen.

"Target pertumbuhan DPK dan kredit kami masih di atas RBB industri perbankan yang berada di angka 9 hingga 11 persen untuk kredit dan DPK yang hanya tumbuh 7 hingga 9 persen, kami optimistis kinerja Bank BTN tetap dalam jalurnya," kata dia.

Menurut dia, tahun 2019 menjadi tahun yang penuh tantangan karena pertumbuhan ekonomi dunia dan domestik diperkirakan melambat akibat perang dagang antara Amerika Serikat dan China serta turunnya harga komoditas.

Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi di 2019 hanya sebesar 2,6 persen lebih rendah dibandingkan prediksi awal sebesar 2,9 persen Perlambatan tersebut direspon sejumlah negara dengan kebijakan moneter yang berdampak pada industri perbankan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Bank BTN telah melakukan kajian ekonomi makro dengan mengubah asumsi makro di mana pertumbuhan ekonomi diperkirakan lebih rendah dari asumsi awal.

BI 7days reverse repo rate diperkirakan terus turun seiring dengan inflasi yang relatif stabil. Kajian internal tersebut mendasari perubahan bisnis Bank BTN.

Ia optimistis Bank BTN dapat mengejar pertumbuhan kredit pada paruh kedua tahun ini karena penyaluran kredit per Juni 2019 sudah sejalan dengan rencana perseroan.

Sejumlah strategi dijalankan Bank BTN untuk meraup pendanaan dan meningkatkan pertumbuhan kredit. Untuk Pendanaan, Bank BTN melakukan kombinasi antara dana dari wholesale funding seperti penerbitan obligasi berkelanjutan tahap II dan mengejar dana murah dari produk tabungan dan deposito.

"Adapun segmen kredit yang digenjot adalah KPR non subsidi, kredit komersil dan kredit konstruksi," katanya.

Sementara terkait dengan aksi korporasi, Bank BTN akan menjalankan rencana yang sudah ditetapkan diantaranya mengakuisisi Perusahaan Modal Ventura untuk menjadi "vehicle" untuk memiliki saham di LinkAja, dan akan menuntaskan akuisisi PT PNM Investment Management.