Satgas karhutla Ogan Komering Ulu gelar tes urine

id narkoba, tes urine,https://sumsel.antaranews.com/berita/392376/toyota-luncurkan-kendaraan-legendaris-gr-supra-senilai-rp2-miliar

Satgas karhutla Ogan Komering Ulu  gelar tes urine

Periksa urine anggota TNI. (Dok.Penrem)

Palembang (ANTARA) - Satuan tugas kebakaran hutan dan lahan berserta anggota Kodim 0403/Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melaksanakan tes urine untuk mengetahui personel itu bebas dari penggunaan narkotika dan obat berbahaya lainnya.

Kapenrem 044/Garuda Dempo Mayor Inf Binsar J Simanjuntak di Palembang, Jumat mengatakan, jajarannya rutin mengevaluasi anggota untuk menghindari prajurit TNI Angkatan Darat bebas dari narkoba.

Begitu juga anggota yang tergabung dalam Satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan juga dilakukan pemeriksaan urine sehingga mereka bersih dari penggunaan obat terlarang tersebut.

Selain tes urine pihaknya melaksanakan sosialisasi akan bahaya narkoba sehingga prajurit termasuk anggota yang tergabung dalam tim pencegahan kebakaran hutan dan lahan terhindar dari narkoba.

Dalam upaya pencegahan tersebut pihaknya bekerjasama dengan BNN termasuk di kabupaten dan kota seperti yang dilaksanakan di Kodim 0403/Ogan Komering Ulu lalu dimana 55 Satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta 250 anggota menjalani tes urine.

Dandim 0403/Ogan Komering Ulu Letkol Arm Agung Widodo mengatakan, tes urine dilakukan untuk memastikan prajurit bebas dari pengaruh narkoba serta obat-obatan terlarang.

Kegiatan itu merupakan program rutin yang telah ditetapkan TNI melalui program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. “Hasilnya negatif. Namun itu baru tim Satgas saja. Yang lainnya masih diperiksa dan dikawal ketat Provos dan Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad) dari Sub Denpom Baturaja, ujar Dandim.

Dalam tes urine tersebut pihaknya bekerja sama dengan BNN Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan rumah sakit TNI.

Yang jelas tes urine tersebut karena peredaran narkoba saat ini makin mengkhawatirkan dan sudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang usia, profesi dan jenis kelamin.

Oleh karena itu, pihaknya ingin Kodim 0403/Ogan Komering Ulu bebas dari ancaman bahaya narkoba tersebut.

Sementara untuk sanksi ada hukuman disiplin hingga pemecatan bagi anggota yang positif narkoba. Namun akan dilihat dahulu positif karena pemakai narkoba atau pengaruh obat-obatan keras yang diberikan dokter. Kalau positif pemakai, maka jelas ada sanksinya, ujar dia.

Dandim mengatakan, tak hanya prajuritnya yang diperiksa, pihaknya juga melakukan pengecekan urine, sopir, ajudan serta pejabat utama Kodim 0403/Ogan Komering Ulu yang tujuannya untuk pencegahan.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar