Yayasan Leanpuri Foundation buka rumah makan gratis di Palembang

id gratis

Yayasan Leanpuri Foundation buka rumah makan gratis di Palembang

Rumah makan gratis (ist/Bangun Lubis)

Palembang (ANTARA) - Yayasan sosial kemanusiaan, Leanpuri Foundation, membuka rumah makan secara gratis bagi kaum duafa di Palembang, Sumatera Selatan dengan menyediakan berbagai menu.

"Rumah makan gratis untuk kaum duafa ini merupakan program yang diprakarsai Leanpuri Foundation," kata Pelaksana Tugas Rumah Makan Gratis Dhuafa Hayza Leanpuri Foundation Irwansyah dalam siaran pers yang diterima di Palembang, Jumat.

Ia menyebut warga yang makan di tempat itu gembira, sebab dapat makan setiap hari secara gratis.

“Ya, ini merupakan Program Leanpuri Foundation yang diprakarsai Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan keluarga dan pihaknya merasa bahagia karena mulai Kamis kemarin (18/7) kami melayani kaum duafa,” ujarnya.

Kebahagiaan dirinya bersama tim karena melihat kaum duafa yang hadir merasa terbantu, bisa makan secara gratis setiap hari sehingga mereka bisa menghemat biaya makan siang.

"Jadi ini merupakan program sosial yang sangat baik disambut oleh masyarakat. Sasaran utamanya bagaimana bisa berbagi,” ujar Irwan.

Dia mengatakan menu yang disajikan juga memuaskan mereka, antara lain berbahan ayam, ikan, sambal, dan kerupuk. Mereka yang hadir, antara lain para ibu duafa dan tukang becak.

“Memang ada yang datang bukan dari duafa, kita persilakan karena tidak tahu jadi tidak apa. Mungkin diketahuinya adalah untuk umum, tapi setelah tadi baca dia bilang, oh maaf ya khusus kaum duafa ya? Saya sampaikan tidak apa Pak karena tidak tahu," katanya.

Dia menjelaskan tentang ide awal membuka rumah makan gratis bagi kalangan duafa, ketika sekitar satu bulan lalu pihaknya dipanggil oleh Gubernur Sumsel untuk menjalankan program Leanpuri Foundation.

Pada Kamis (18/7) sebagai hari perdana pelaksanaan program itu dengan menyediakan 100 porsi bagi kaum duafa.

Leanpuri Foundation adalah yayasan sosial kemanusiaan yang dipimpin Percha Leanpuri, putri Gubernur Sumsel. Leanpuri Foundation berdiri sejak 2006. Yayasan itu khusus bergerak di bidang sosial kemanusiaan, salah satu programnya berupa rumah makan gratis bagi kaum duafa.

Sebelum pembukaan program itu, pihaknya bersama tim menyebarkan informasi, baik secara langsung ke masyarakat maupun melalui media sosial. Hari pertama pembukaan program itu, tempat tersebut ramai kunjungan.

Ia menyebut konsep prasmanan dengan tatanan meja dan kursi ala kafe membuat kaum duafa nyaman makan di tempat tu. Ke depan, akan disajikan hiburan musik agar mereka benar-benar nyaman dan terlayani dengan bahagia.

“Pesan Pak Gubernur dan Ibu Percha, putrinya, jika semakin tingginya permintaan maka akan siap ditambah porsinya. Saya optimistis bisa berjalan terus dan sekaligus bangga ada program pemimpin skala provinsi yang memberi makan kaum duafa secara gratis. Jika ini diikuti oleh pemimpin lainnya, stafnya, anak buahnya, dan lainnya maka masyarakat akan sangat bahagia,” katanya.

Kaum duafa dari mana pun yang ingin makan gratis, bisa langsung datang setiap Senin sampai Sabtu, mulai pukul 11.00 WIB di Jalan Ahmad Yani, Blok F17, Kompleks Nigata, Palembang.

Ketua Pembina Leanpuri Foundation, Percha Leanpuri, mengatakan keluarga dan yayasannya membuat program itu untuk membantu mereka yang kurang mampu.

"Kita sebisanya berusaha selalu berbagi dengan saudara kita yang membutuhkan. Semoga Allah bisa memberkahi kegiatan kita ini," ujarnya didampingi Ketua Yayasan Leanpuri Foundation Bangun Lubis.

Selain itu, kata dia, kegiatan semacam itu dapat dicontoh pihak yang mampu dalam berbagi.

"Agar saudara kita yang berkekurangan bisa makin banyak yang terbantu," katanya.