Petani OKU Timur terima bantuan cairan pestisida halau hama wereng

id sawah,terserang wereng,wereng cokelat

Petani OKU Timur terima bantuan cairan pestisida halau hama wereng

Sejumlah petani di di Desa Jaya Mulya Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, menyemprot hama wereng dengan cairan pestisida, Rabu (17/7/2019). (Antara News Sumsel/Joko Wiyanto/19)

Martapura, OKU Timur (ANTARA) - Petani Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, dibantu pemerintah cairan pestisda untuk menghalau hama wereng coklat yang menyerang lahan sawah seluas 715,75 hektare.

Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Sujarwanto, Rabu mengatakan bantuan cairan pestisida ini dharapkan dapat mengurangi penyebaran hama wereng coklat yang kian meluas menyerang lahan pertanian.

“Jika sawah terkena hama tentunya ini akan mengancam produksi beras di OKU Timur, oleh karena itu kami saat ini bersama-sama petani berusaha mengurangi penyebarannya,” kata dia seusai memantau penyemprotan dengan pestisida di Desa Jaya Mulya Kecamatan Semendawai Suku III.

Ia mengatakan secara bertahap bantuan ini akan digulirkan ke seluruh desa yang sawah-sawahnya terpapar hama ini.

Berdasarkan pemantauan secara langsung, ia memperkirakan hama wereng ini dapat diatasi mengingat populasinya masih rendah jika diamati di tiap-tiap batang padi.

Meski demikian, jika tidak diambil langkah cepat maka bisa jadi perkembangbiakan hama ini akan meluas dengan cepat dan tak terkendali.

Terkait penanganan ini, pemerintah memberikan bantuan pestisida secara cuma-cuma ke petani. Petani juga diminta dapat memanfaatkan sebaik-baiknya, sembari tak lupa untuk memantau secara rutin perkembangannya.

Ia menambahkan, sebenarnya untuk mencegah penyebaran hama wereng ini, petani dapat juga menggunakan insektisida nabati dengan memanfaatkan tumbuhan di lingkungan seperti buah maja, gadung dan tembakau.

Salah seorang petani OKU Timur yang menerima bantuan tersebut, Supardi mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah itu, apalagi bantuan ini diberikan secara gratis dan ada pendampingan untuk cara penggunaannya.

“Jika kami gagal panen tahun ini, tentu kehidupan keluarga saya menjadi terancam. Semoga saja, dengan semprotan pestisida ini dapat memberantas hama,” kata dia.

Sebelumnya, hama wereng cokelat menyerang tanaman petani di Ogan Komering Ulu Timur di lahan sawah seluas 715,75 hektare.

Lahan yang diserang hama wereng cokelat tersebut sekitar 1,5 persen dari total keseluruhan tanaman padi masyarakat OKU Timur pada musim tanam April Mei dan Juni 2019. Adapun tanaman padi di lahan persawahan petani pada periode April Mei dan Juni 2019 seluas 47.949 hektare.