Satgas Karhutla OKU antisipasi kebakaran hutan dan lahan

id satgas karhutla sumsel, kebakaran huttan, danramil oku

Tim Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, memadamkan api di lahan gambut yang terbakar, Sabtu (13/7/2019). ANTARA/Dokumen BPBD Sumsel/aa

Baturaja (ANTARA) - Tim Satgas Karhutla Kecamatan Pengandonan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat musim kemarau dengan gencar melakukan patroli bersama di wilayah setempat.

"Untuk mengantisipasi Karhutlah khususnya di wilayah Kecamatan Pengandonan kami melakukan patroli bersama guna memberikan himbauan serta tata cara menanggulangi kebakaran lahan kepada masyarakat setempat," kata Danramil Kecamatan Pengandonan, Ogan Komering Ulu (OKU), Kapten Marzani di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, sosialisasi tersebut guna memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya seluruh petani di Kecamatan Pengandonan untuk tidak melakukan pembakaran dalam membuka lahan pertanian guna mencegah terjadinya Karhutla.

"Apalagi saat musim kemarau seperti sekarang ini dapat berakibat fatal," jelasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, Tim Satgas Karhutla Pengandonan memberikan arahan kepada masyarakat setempat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena akan menimbulkan kepulan asap hingga menyebabkan polpulasi udara.

"Kepulan asap inilah yang akan terpantau disatelit dan akan diteruskan ke pihak penegak hukum yang ada," kata dia.

Dia menegaskan, bagi setiap pelaku dengan sengaja melakukan pembakaran hutan ataupun lahan tersebut akan diproses sesuai hukum yang berlaku guna memberikan efek jera.

"Jika ada yang membakar lahan hingga mengakibatkan kebakaran maka akan diproses sesuai hukum," tegasnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar