Warga berpenghasilan rendah di Palembang dapat bantuan akses air bersih

id akses air palembang,air bersih palembang,pdam tirta musi

Warga berpenghasilan rendah di Palembang dapat bantuan akses air bersih

Kantor PDAM Tirta Musi Palembang (Ist)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 3.064 warga berpenghasilan rendah di kawasan Seberang Ulu, Palembang, Sumatera Selatan, mendapatkan bantuan pemasangan sambungan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi.

Menurut Direktur Operasional PDAM Tirta Musi Palembang Cik Mit di Palembang, Selasa, warga dengan penghasilan rendah hanya akan dibebani biaya pemasangan sambungan Rp300.000.

"Biaya Rp300.000 ini hanya untuk syarat administrasi. Bagi yang terpilih segera melengkapi berkas ke kantor PDAM pada 15 Juli hingga 31 Agustus," kata dia.

Sambungan pipa PDAM nantinya akan dipasang di Kecamatan Seberang Ulu I, Seberang Ulu II, Plaju, Kertapati dan Kecamatan Jakabaring.

"Pengajuan bantuan ini ke pemerintah pusat melalui Kementerian PPN/Bappenas. Dari 5.000 pengajuan, disetujui 3.064," katanya.

Penyediaan air bersih menjadi prioritas Pemerintah Kota Palembang dalam program "100-0-100", yaitu 100 persen sanitasi, nol persen kawasan kumuh, serta 100 persen aliran air bersih.

Untuk mencapai target ini, pemerintah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Australia sejak 2014 untuk memasang 6.000 sambungan pipa PDAM.

Warga yang mendapatkan bantuan sambungan air PDAM harus memenuhi persyaratan seperti belum pernah berlangganan, luas bangunan rumah 60 meter persegi, memiliki sambungan listrik 1300 VA, pemilik sah bangunan yang akan dipasangi sambungan air, dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan PDAM.
 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar