Kota Palembang tawarkan lima bidang kerja sama dengan Houston

id Palembang kerjasama houston as, sister city, kota kembar, tawakan lima bidang kerjasama,Bappeda palembang

Kota Palembang tawarkan lima bidang kerja sama dengan Houston

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kota Palembang, Harrey Hadi (tengah). (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

....Kelima bidang itu kami tawarkan karena baru proses penjajakan dan akan kami paparkan ke Pemerintah Kota Houston pekan ini....
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang menawarkan lima potensi bidang kerja sama "sister city" dengan Pemerintah Kota Houston Amerika Serikat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kota Palembang, Harrey Hadi, Selasa, mengatakan lima bidang tersebut pariwisata, pendidikan, kesehatan, budaya dan tata kota.

"Kami ingin ada semacam pertukaran tenaga ahli, tenaga kesehatan, dan tenaga kerja agar SDM di Kota Palembang semakin berkualitas," ujar Harrey.

Bidang pariwisata menjadi poin penting kerja sama yang ditawarkan karena bidang tersebut sangat diandalkan Kota Palembang dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pihaknya ingin ada Palembang Corner di Kota Houston guna mempromosikan Kota Palembang.

Sedangakan bidang pendidikan dan kesehatan, kata dia, masih membutuhkan pengembangan terkait tenaga ahli, diperlukan pertukaran pelajar dan tenaga kesehatan dari Palembang ke Kota Houston.

Atau Pemerintah Kota Houston dapat membuat program khusus di Kota Palembang untuk peningkatan kualitas guru dan dokter dengan standar kompetensi global yang implikasinya langsung dirasakan masyarakat.

"Bidang pendidikan dan kesehatan Kota Houston sudah sangat maju dari banyak sisi, maka akan sangat baik jika ada transfer ilmu," lanjutnya .

Selain itu untuk bidang kebudayaan, dapat dimungkinkan kolaborasi penelitian dan seminar-seminar mengenai Palembang sebagai kota tertua di Indonesia yang kaya sejarah dan khasanah kebudayaan, terutama kehidupan sekitar Sungai Musi.

"Jika bisa, ada panggung pertunjukan untuk kesenian Palembang tampil di sana (Houston), seniman dan budayawan akan kami kirim ke sana," kata Harrey.

Sementara kerjasama bidang tata kota, menurutnya tidak hanya sebatas pengelolaan pemukiman warga, namun termasuk di dalamnya pengelolaan air, limbah dan sampah, di mana pengelolaan air di Kota Houston termasuk yang terbaik di Amerika.

"Kelima bidang itu kami tawarkan karena baru proses penjajakan dan akan kami paparkan ke Pemerintah Kota Houston pekan ini," demikian Harrey.

Dari kerja sama Palembang - Houston juga diharapkan memancing minat investor untuk menjajaki bisnis di Kota Palembang sebagai kota terbesar kedua di Pulau Sumatera dengan Tingkat Pembangunan Manusia mencapai 77,2 persen dan angka pertumbuhan ekonomi mencapai 6,15 persen pada 2018, keduanya lebih tinggi dibanding rata-rata nasional.

Rencananya Delegasi Pemkot Palembang akan berada di Houston 16-22 Juli untuk pemaparan sekaligus menghadiri Wolrd Confrence Sister Day dan Indonesian Fashion Show 2019 di Kota Houston.