Tim Penggerak PKK Sumsel dorong pempek udang tembus pasar nasional

id pempek,Pempek udang, pkk sumsel, pempek tembus pasar nasional

Pempek (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Tim Penggerak PKK  Provinsi Sumatera Selatan mendorong agar Pempek Udang produksi daerah Sungsang, Kabupaten Banyuasin menasional atau go nasional.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Sumsel Hj Feby Deru di Palembang, Senin mengatakan,  Sungsang merupakan  daerah penghasil ikan dan udang sehingga produk Pempeknya dapat dikembangkan berbagai macam jenis. Jadi di daerah perairan itu memang banyak pembuat Pempek Udang sehingga pihaknya akan membantu untuk mengembangkan.

"Kalau Pempek ikan semua orang sudah kenal dari Palembang. Sekarang giliran Pempek Udang Sungsang kita kenalkan juga biar go nasional bila perlu internasional. Soalnya Pempek ini khas sekali dan tak kalah lezat. Bagi yang sudah tahu pasti ketagihan," ujar istri Gubernur Sumsel itu.

Bukan hanya Pempek, hasil laut Sungsang yang melimpah membuat aneka jenis olahan udang produksi rumahan warga banyak dijumpai di wilayah tersebut seperti terasi udang, kemplang, kerupuk, tekwan, beragam ikan asin dan lainnya.

Namun karena kurangnya pelatihan, pembinaan serta akses masuk yang masih sulit sehingga pengemasannya dilakukan para UKM masih seadanya.

"Kuliner udang di sini banyak sekali. Makanya saya ajak Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel dan juga Dinas Perdagangan kesini. Biar sekalian melihat potensi di daerah perairan ini. Terutama untuk packing produk UKM sekaligus menjalankan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK," jelasnya.

Menurut dia, kekayaan laut Sungsang ini harusnya bisa menjadi penopang hidup masyarakat dan diharapkan masyarakat selalu fokus jangan meniru daerah lain.

Kembangkan saja hasil kekayaan laut ini, buatlah Pempek Udang dan olahan lain. Eksplorasi dengan kreatif agar olahan kulinernya menjadi menarik dan pihaknya membantu pembiayaan dan pembinaan, tambah dia.

Untuk menyemangati pelaku UKM di sana, rombongan istri gubernur itu memborong aneka jenis hasil laut di gudang pengepul seperti udang burung yang biasanya diekspor, kemudian ikan tenggiri, ikan parang, bawal, dan banyak lagi lainnya.






 
Pewarta :
Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar