Gubernur Sumsel targetkan semua desa dialiri listrik

id listrik, desa,Aliran listrik, listrik masuk desa. Gubernur sumsel, pln, jaringan listrik

Gubernur Sumsel targetkan semua desa dialiri listrik

Pekerja melakukan perawatan jaringan listrik di salah satu ruas jalan Kota Palembang, Sumsel, Kamis (24/5). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menargetkan semua desa di provinsi tersebut akan dialiri listrik karena penerangan tersebut saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat.

"Saya akan terus berupaya agar semua desa di Sumsel mendapatkan penerangan listrik," kata gubernur di Palembang, Jumat.

Apalagi listrik telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat mulai dari kota hingga ke pelosok desa sehingga itu harus diupayakan secara maksimal.

Dia menjelaska,  tantangan saat ini tidak sederhana karena untuk membuat gardu induk faktanya butuh pendekatan humanis.

Berdasarkan laporan General Manager PLN Wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu yang menyatakan di Provinsi Sumsel masih terdapat sekitar 62 Desa yang belum teraliri listrik.

Oleh karena itu  desa tersebut harus teraliri listrik apapun strateginya. Bahkan jika tidak bisa memakai jaringan yang ada akan diinisiasi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan sebagainya.

"Kalau tidak bisa juga kita buat PLTD, dan itu perlu terus diupayakan sehingga masyarakat desa mendapat menerangan listrik," katanya.

Herman Deru mengakui sudah punya pengalaman dimana saat menjadi Bupati Ogan Komering Ulu Timur semua desa di kabupaten tersebut dialiri penerangan listrik.

Oleh karena itu PT PLN harus mencari inovasi sehingga desa di Sumsel semuanya dialiri listrik.

Selain itu pihaknya juga menawarkan pada PLN kalau ada hambatan dalam mengaliri listrik, Pemprov Sumsel membuka diri untuk membantu.

Masyarakat sangat menantikan listrik hingga pelosok desa, apalagi Sumsel ini merupakan penghasil energi terbesar sehingga merasa prihatin kalau suplai listrik kemana-mana termasuk batu baranya tetapi di provinsi ini masih ada yang belum terpenuhi listrik.



 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar