Polisi tertibkan tambang timah ilegal di Bangka Tengah

id Tertib tambang ilegal,polres bangka tengah

Polisi tertibkan tambang timah ilegal di Bangka Tengah

Penertiban aktivitas penambangan bijih timah ilegal di kawasan Pungguk, Kecamatan Koba, Kamis (11/7/2019) (babel.antaranews.com/Ahmadi)

Koba, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menertibkan tambang bijih timah ilegal di kawasan Pungguk, Kecamatan Koba.

"Kami mendapat informasi kawasan Pungguk kembali ditambang, kami tetap konsisten menjaga kawasan itu dari kegiatan penambangan ilegal," kata Wakapolres Bangka Tengah, Kompol Sahbaini di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, kawasan Pungguk merupakan wilayah penambangan eks PT Koba Tin yang sampai sekarang dilarang untuk ditambang.

"Jika ada yang menambang berarti ilegal, tentu kami tertibkan dan ini sudah sering ditertibkan namun sebagian penambang tetap membandel berani menambang," ujarnya.

Sahbaini mengatakan penertiban tidak hanya dilakukan di kawasan Pungguk saja, tetapi juga di kawasan Marbuk dan Kinari yang berdekatan dengan pungguk.

"Penertiban yang dilakukan hari ini, kami mengamankan tiga unit ponton apung (alat keruk timah) dan mengamankan sejumlah penambang," ujarnya.

Pihak kepolisian memberikan peringatan keras untuk menghentikan segala aktivitas penambangan bijih timah ilegal di kawasan Marbuk, Kinari dan Pungguk.

"Sekarang masih kami berikan peringatan, kalau masih tetap membandel dan berani beroperasi maka proses hukum akan jalan," ujarnya.