Babinsa Musirawas berantas hama tikus persawahan

id babinsa,hama tikus,petani padi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera

Berantas hama tikus (Dok.Penrem)

Palembang (ANTARA) - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan bekerja sama dengan masyarakat dan petani memberantas hama tikus di persawahan terutama di Desa G1 Mataram, Kecamatan Tugumulyo.

Tikus menjadi ancaman serius bagi kelangsungan pertumbuhan tanaman padi petani sehingga pihaknya memberantas hama tersebut, kata Babinsa Koramil Koramil 406-06/Tugumulyo, Serka Budianto yang didamping Sertu Sutaman dalam keterangan tertulisnya di Palembang, Kamis.

Pihaknya bersama masyarakat terjun langsung ke areal persawahan dalam memberantas hama yang sering merusak tanaman padi itu.

Pada masa tanam seperti ini, para petani harus mewaspadai serangan hama tikus sehingga Babinsa harus tanggap terhadap situasi yang ada agar petani tidak gagal panen, apalagi wilayah binaannya merupakan endemik hama tikus, jelas dia.

Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan dan sebagai wujud pendampingan TNI kepada para petani. Meski menggunakan peralatan seadanya, Babinsa bersama PPL dan para petani padi dapat memaksimalkan hasil tangkapan hama tikus ini.

Dengan adanya kerja sama dan komunikasi yang intens, semoga dapat menjadikan motivasi bagi para petani demi meningkatkan kuantitas dan mutu hasil panen padi di wilayah Kecamatan Tugumulyo, terang dia.

Sementara PPL Tugumulyo, Erik Siswanto mengatakan pemberantasan hama padi seperti ini cukup penting untuk mengantisipasi kerusakan yang ditimbulkan akibat tikus sawah.

"Kami bekerja sama dengan Babinsa Koramil 406-06/Tugumulyo dan para petani melakukan gropyok tikus. Diharapkan, apa yang kami lakukan ini dapat mengurangi hama tikus sawah dan juga menjadikan areal sawah padi ini mampu menghasilkan panen padi yang maksimal”, lanjutnya.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Sutrisno menyebutkan, upaya perang terhadap hama tikus sawah ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hasil panen padi.

Dengan adanya pendampingan dari TNI dan petugas PPL secara berkelanjutan pihaknya optimistis akan mendapatkan hasil panen terbaik tahun ini, tambah dia.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar