Rossi dan Vinales siap uji motor Yamaha 2020 di Sirkuit Brno

id motogp,valentino rossi,maverick vinales,gp ceko,sirkuit brno,prototype yamaha

Rossi dan Vinales siap uji motor Yamaha 2020 di Sirkuit Brno

Valentino Rossi berada di pit ketika sesi latihan bebas FP4 GP Italia di Sirkuit Mugello (1/6/2019) AFP/Filippo Monteforte

Jakarta (ANTARA) - Valentino Rossi dan Maverick Vinales akan menguji coba purwarupa motor Yamaha M1 untuk musim 2020 setelah balapan GP Ceko di Sirkuit Brno, bulan depan.

Tepatnya Yamaha akan membawa purwarupa motornya di sesi tes resmi paruh musim pada 5 Agustus, demikian laman resmi MotoGP.

Manajer tim Monster Energy Yamaha MotoGP Massimo Meregalli mengakui hal itu merupakan pertanda baik mengingat kedua pebalap di dua tahun sebelumnya baru bisa menjajal purwarupa motor tahun berikutnya di akhir tahun.

Menurut Meregali, Yamaha harus mengorbankan sedikit tenaga mesinnya untuk meningkatkan kehalusan. Namun itu cukup berdampak ketika turun di trek cepat.

"Tapi kami masih harus berbenah. Sekarang kami sedang fokus untuk mencoba meningkatkan akselerasi karena kami ingin memperkecil jarak di kecepatan puncak," kata Meregalli.

Di awal musim, Rossi mengemas dua podium beruntun namun menderita gagal finis di tiga balapan yang menjadikannya paruh musim terburuk sang pebalap asal Italia itu.

Sementara Vinales mengalami kesialan tiga kali di Argentina, Prancis dan Catalunya, sebelum menang di Assen, Belanda dan runner-up di Jerman.

Menyusul podium di Jerman Viñales mengaku cukup percaya diri dengan performa Yamaha.

"Aku sangat senang karena kami mendapati hasil yang bagus, aku dalam jalur yang benar dan entah bagaimana kami menemukan cara agar motor ini berkerja, khususnya untukku," kata sang pebalap asal Spanyol itu.

"Di dua trek ini, dan aku kira Montmelo, bisa bertarung untuk menang sangat penting karena tahun kemarin kami sangat kewalahan. Aku tak sabar lagi untuk Brno untuk mencoba motor baru, hal-hal baru dan kita lihat apakah kami akan membuat kemajuan."