Bekraf sebut syarat film Indonesia agar dilirik investor asing

id industri film,industri perfilman,film indonesia,bekraf,film,Investasi film,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara ha

Bekraf sebut syarat film Indonesia agar dilirik investor asing

Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Hutomo usai temu media AKATARA 2019 di Jakarta, Selasa (9/7/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Hutomo mengatakan basis penonton menjadi syarat utama investor berminat untuk berinvestasi di Indonesia.

"Berapa sebenarnya basis viewers Indonesia, dengan diketahui basis viewers ini akan diketahui pula berapa juta penonton yang akan dicapai," ujar Fadjar usai temu media AKATARA 2019 di Jakarta, Selasa.

Basis penonton tersebut secara tidak langsung akan berkaitan dengan keuntungan. Namun, tak melulu soal keuntungan, menurut Fadjar, aspek lain yang membuat investor tertarik mendanai film Indonesia adalah soal pembajakan intelektual.

Selain itu, ketersediaan perlengkapan peralatan perfilman di Indonesia juga menjadi pertimbangan investor. Sebab, hal itu akan memengaruhi pengeluaran dalam produksi film.

Baca juga: Bekraf berharap pelaku usaha rintisan tidak perlu risaukan pajak digital

Menurut Fadjar, sejak didirikannya Bekraf pada 2015, jumlah penonton film meningkat dari tahun ke tahun, yang sejalan dengan meningkatnya jumlah film Tanah Air.

"Logikanya ketika jumlah produksi filmnya bertambah, investasi di filmnya juga bertambah," kata Fadjar.

Pendekatan terbaru yang dinilai menarik dalam investasi sebuah film adalah pendana bersama untuk mendisertifikasi risiko kerugian.

Baca juga: Kenaikan ekspor ekonomi kreatif ditergetkan delapan persen

"Ide ini terus bergulir, dan investor semakin teredukasi makin melihat ini sebagai sebuah pilihan investasi, mungkin ujungnya ada yang di capital market, ada mungkin yang IPO, reksadana untuk film," ujar Fadjar.

Sementara itu, founder dan CEO perusahaan pembuat konten Visinema Angga Dwimas Sasongko mengaku mengklasifikasikan film yang diproduksinya dalam kategori small, medium dan big size.

"Kalau kita bicara di Visinema kita punya pembagian 60 persen produksi, 40 persen promosi, nominalnya variatif sekali. Rata-rata untuk satu film yang kita investasikan antara Rp7,5 miliar sampai Rp16 miliar," ujar Angga.

Untuk mendorong perfilman Indonesia, Bekraf menggelar pasar dan bisnis perfilman AKATARA yang akan berlangsung di Jakarta pada 19 September hingga 22 September 2019.

Dalam perhelatan tersebut, Bekraf juga akan menggelar Asia Content Business Summit (ACBS), forum yang diprakarsai oleh Salon Films Hong Kong sejak 2008.

Forum, yang akan dihadiri 15 negara tersebut, sangat strategis bagi pelaku perfilman Tanah Air karena dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas konten dan sumber daya manusia berdaya saing internasional.