Imigrasi Palembang fasilitasi keberangkatan 897 calon haji

id calon haji, haji,embarkasi haji palembang, bandara smb palembang, imigrasi fasilitasi pemberangkatan calon haji

Imigrasi Palembang fasilitasi keberangkatan 897 calon haji

Dokumen - Jamaah calon haji asal Sumatera Selatan (Sumsel). ANTARA News Sumsel

Palembang (ANTARA) - Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI)  Kantor Imigrasi Kelas I Palembang selama dua hari ini telah memfasilitasi pemberangkatan sebanyak 897 calon haji dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II ke Bandar Udara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED) di Arab Saudi.

"Tim Imigrasi telah melakukan pelayanan dan pemeriksaan dokumen keimigrasian dengan baik kepada 448 calon haji yang diberangkatkan dalam kloter pertama pada Minggu (7/7) dan 449 calon haji kloter kedua hari ini," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Triman, di Palembang, Senin.

Berdasarkan evaluasi pelayanan keimigrasian di Embarkasi Haji Palembang, kata dia,  dalam dua hari ini, tidak ada masalah dokumen keimigrasian calon haji yang bisa menghambat perjalanan ibadah di Tanah Suci Mekkah dan Madinah.

Kondisi lancar tersebut diharapkan bisa berlangsung hingga pemberangkatan semua calon haji melalui Embarkasi Palembang, yang jumlahnya mencapai 8.545 orang dengan perincian 7.195 dari Sumsel, dan 1.255 orang dari Bangka Belitung dan 95 petugas pendamping jamaah.

"Untuk mendukung kelancaran pemberangkatan calon haji pada tahun ini, kami menurunkan puluhan petugas melayani pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi," katanya.

Pemberangkatan jamaah asal Sumsel dan Bangka Belitung dilakukan dua gelombang yakni gelombang pertama 7-19 Juli 2019 dan gelombang kedua pada 20-25 Juli.

Pemberangkatan jamaah kloter pertama melalui embarkasi haji Palembang menggunakan maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines pada pukul 10.00 WIB diperkirakan tiba pukul 15.10 waktu setempat di Bandar Udara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED).

Sedangkan untuk beberapa kloter terakhir gelombang kedua calon haji berangkat dari embarkasi Palembang pada 20 Juli 2019 pukul 10.00 WIB dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah (JED) pada pukul 15.15 waktu setempat.

Jamaah yang berangkat pada kloter pertama gelombang satu dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 17 Agustus 2019.

Sedangkan yang berangkat pada beberapa kloter terakhir gelombang kedua 20 Juli 2019 dijadwalkan tiba di Indonesia pada 30 Agustus 2019 pukul 21.45 WIB.

Pelepasan calon haji kloter pertama dilakukan Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Irjen Pol Firli, sejumlah anggota dewan dan unsur muspida lainnya.

Gubernur Sumsel pada kesempatan itu berpesan kepada seluruh calon haji untuk menjaga kesehatan dan sikap selama menjalankan ibadah.

Selain itu, meminta calon haji yang berangkat tahun ini untuk menjaga nama baik provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu, kata gubernur.