Bukit Asam salurkan bantuan ke masyarakat Sumatera Barat

id CSR,Bukit asam,bumn,ptba,pompa air,sawahlunto

Bukit Asam salurkan bantuan ke masyarakat Sumatera Barat

Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin meresmikan pompa air tenaga surya di Desa Talawi, Kota Sawahlunto, Senin (8/7). (ist)

Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk menyalurkan beragam jenis bantuan ke warga Sumatera Barat untuk membantu peningkatan perekonomian penduduk setempat.

Bantuan dalam program tanggung jawab sosial perusahaan ini berupa pompa air tenaga surya untuk irigasi di Desa Talawi, Sawahlunto, pembangunan jembatan Lintau Buo di Kabupaten Tanah Datar, dan penyerahan bus operasional sekolah di Kabupaten Agam.

Pemberian bantuan ini dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin di Desa Talawi, Kota Sawahlunto kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dengan disaksikan pemangku adat Sawahlunto, Wali Nagari Lintau Buo dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan ini juga, Direktur Utama Bukit Asam dan Gubernur Sumatera Barat menandatangani prasasti peresmian pompa air tenaga surya dan jembatan Lintau Buo.

Bantuan pompa air tenaga Surya yang diberikan oleh Bukit Asam ini, mampu mengairi sawah seluas 50 hektare di Desa Talawi. Area persawahan ini sendiri memiliki jarak sekitar 880 meter dari aliran sungai.

Pembangunan pompa air yang memanfaatkan energi dari matahari sendiri telah dimuai sejak Maret 2018 dan telah selesai September 2018 lalu.

Sebelum ada pompa air untuk irigasi, persawahan masyarakat menggunakan sistem tadah hujan, dimana masyarakat hanya mengandalkan hujan untuk pengairannya.

Dengan adanya irigasi dengan pompa air ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan masa tanam hingga 3 kali dalam
setahun atau meningkat dari sebelumnya yang hanya 1 kali tanam dalam setahun.

Bukit Asam juga menyampaikan bantuan pembangunan Jembatan Lintau Buo di Kabupaten Tanah Datar. Sebelumnya, Jembatan Lintau Buo ini terputus karena Banjir Bandang yang menerjang Kabupaten Tanah Datar pada Oktober 2018 lalu.
 
Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin dan Gubernur Sumatera Barat Iwan Prayitno menandatangani prasasti peresmian pompa air tenaga surya di Desa Talawi, Kota Sawahlunto, Senin (8/7). (ist)

Pembangunan Jembatan Lintau Buo sendiri telah dimulai sejak Oktober 2018 dan selesai pada Juni 2019. Kini masyarakat Desa Situgal dan Desa Kotu Niur dapat kembali terhubung seiring dengan Jembatan Lintau Buo yang telah selesai dibangun kembali.

Dalam bidang pendidikan, Bukit Asam juga menyampaikan bantuan berupa 1 unit bus operasional sekolah kepada SMP Negeri 1 Tilatang Kamang di Kabupaten Agam.

Melalui bantuan ini, Bukit Asam berharap masyarakat dapat merasakan manfaat langsung serta dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Tidak hanya sekedar pemberian secara simbolis, namun dengan adanya bantuan ini diharapkan terus terjalin hubungan baik antara Bukit Asam, pemerintah daerah dan masyarakat.