Jamkrindo siapkan Rp13,5 triliun jamin kredit UMKM

id Jamktindo, penjaminan krefit, bantu umkm, siapkan dana penjamiman kredit umkm

Jamkrindo siapkan Rp13,5 triliun jamin kredit UMKM

Pemimpin Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo Adnan Lukman Hatta. (Foto Antaranews.Sumsel/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) menyiapkan dana penjaminan Rp13,5 triliun untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di lima provinsi Sumatera bagian selatan.

"Pelaku UMKM di Sumbagsel meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung yang membutuhkan dukungan penjaminan untuk mendapatkan kredit investasi dan modal kerja bisa memanfaatkan dana tersebut," kata Pemimpin Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo Adnan Lukman Hatta di Palembang, Senin.

Perum Jamkrindo berupaya meningkatkan akses sumber pembiayaan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sehingga bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman dari perbankan.

Melalui upaya tersebut masyarakat yang mengembangkan UMKM diharapkan bisa merasakan manfaat yang lebih besar dengan keberadaan badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang penjaminan kredit itu.



Kontribusi Perum Jamkrindo kepada masyarakat di Wilayah Kanwil II Palembang meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung selama semester pertama 2019 ini cukup besar.

Berdasarkan data Januari-Juni, pihaknya telah memfasilitasi lebih dari 50 ribu pelaku UMKM memperoleh kredit untuk modal dan pengembangan usaha dengan volume penjaminan sekitar Rp6,5 triliun.



Realisasi penjaminan kredit pelaku UMKM di wilayah Sumbagsel dalam enam bulan pertama 2019 ini sesuai dengan target yang ditetapkan perusahaan.

Melihat perkembangan realisasi penjaminan kredit sepanjang tahun 2019 ini, pihaknya optimistis target penjaminan kredit terhadap pelaku UMKM dan mitra lainnya di lima provinsi Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo bisa tercapai.