Mendagri Tjahjo Kumolo: Semakin tua wajah kota harus makin muda

id Rakernas apeksi,mendagri,jokowi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera

Mendagri Tjahjo Kumolo: Semakin tua wajah kota harus makin muda

Mendagri Tjahjo Kumolo saat membuka Rakernas Apeksi 2019 di Semarang, Rabu. (ANTARA/I.C.Senjaya)

Semarang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta wajah kota harus semakin muda meski usianya semakin tua.

Tjahjo saat membuka Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Semarang, Rabu, mengingatkan wajah kota harus semakin muda  ditunjukkan dengan pelayanan yang harus semakin tinggi, mempertahankan identitas diri dan jangan sampai kehilangan jati diri.

Menurut dia, tantangan pemerintah kota ke depan akan semakin berat. Berbagai permasalahan ke depan yang akan dihadapi antara lain urbanisasi yang masih tinggi, lapangan pekerjaan, perumahan, bahan kebutuhan pokok, serta transportasi.

Ia juga meminta para wali kota untuk segera menyesuaikan diri dengan rencana pembangunan jangka menengah 2020-2025 yang merupakan visi-misi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Apeksi Airin Racmi Diany mengatakan seluruh pemerintah kota sudah sepakat untuk maju bersama demi kesejahteraan masyarakat. "Tidak ada lagi kota yang maju sendiri, tidak ada kota yang tertinggal," katanya.

Sebanyak 92 wali kota hadir dalam pelaksanaan Rakernas XIV Apeksi di Semarang, 3 hingga 4 Juli 2019.

Baca juga: Pertumbuhan pasokan perkantoran di Jakarta melambat