Visa jemaah calon haji Sumsel rampung hingga kloter empat

id haji,visa haji,sumatera selatan,Jemaah calon haji, asrama haji, embarkasih palembang,Kemenag

Visa  jemaah calon haji Sumsel rampung hingga kloter empat

Ilustrasi - Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyiapkan dokumen paspor dan visa jamaah calon haji.  (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Palembang (ANTARA) - Penerbitan visa untuk jamaah calon haji (JCH) Sumatera Selatan hingga sekarang sudah rampung sampai kelompok terbang keempat dari 19 kloter yang akan diberangkatkan.

Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan HM. Alfajri Zabidi di Palembang, Rabu mengatakan, berdasarkan data visa jamaah calon haji sudah ribuan yang selesai.

"Untuk satu kloter rata-rata terdiri 450 orang jamaah jadi saat ini sudah diselesaikan untuk empat kloter terbang. Jadi penerbitan visa itu lebih cepat dari tahun sebelumnya," katanya, 

Sementara untuk penyelesaian visa kloter selanjutnya akan dilaksanakan secara bertahap dan akan rampung sebelum jamaah berangkat.

Kakanwil juga minta bidang dokumen agar terus berkoordinasi dengan pihak terkait di Kemenag RI sehingga proses penyelesaian visa untuk kloter berikutnya bisa segera dirampungkan.

Jangan sampai terjadi jamaah sudah siap berangkat, tetapi visanya belum selesai dan harus selalu diperhatikan, ujar dia.

Selain bidang dokumen, pihaknya juga minta laporan setiap bidang PPIH Embarkasi Palembang terkait kesiapannya.

Memang berdasarkan laporan semua bidang sudah siap dalam menjalankan tugasnya yang diharapkan pelayanan pemberangkatan akan semakin baik lagi dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, Humas PPIH Embarkasi Palembang H. Saefudin Latif mengatakan, panitia Embarkasi Palembang akan memberangkatkan kloter pertama pada 7 Juli mendatang.

Untuk kloter pertama jamaah calon haji berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timu dan sebelum berangkat jamaah tersebut masuk asrama terlebih dahulu untuk mengecek kesiapan dokumen termasuk kesehatan.

Embarkasi haji Palembang akan memberangkatkan 19 kloter termasuk tiga penerbangan diantara calon haji dari Bangka Belitung.