Pemkab OKU miliki bank sampah

id Pemkab OKU miliki bank sampah,bank sampah,kabupaten oku miliki bank sampah,sampah

Pemkab OKU miliki bank sampah

Kasubag Dokumentasi dan Informasi Humas Protokol Setda OKU, Dede Fernandes (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan saat ini memiliki bank sampah yang terletak di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur untuk mengelola sampah yang bisa didaur ulang agar memiliki nilai ekonomi.

"Sampah dari masyarakat nantinya akan diolah kembali di bank sampah ini," kata Kasubag Dokumentasi Humas dan Protokol Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) Dede Fernandes di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, sampah yang dapat didaur ulang seperti jenis plastik nantinya dapat dijual masyarakat di bank sampah yang dikelola langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Komering Ulu tersebut.

"Jadi masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan karena dapat dijual di bank sampah," kata dia.

Pendirian bank sampah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan agar Kota Baturaja bersih dan ramah lingkungan.

"Dengan menjadikan Kota Baturaja bersih dan ramah lingkungan pemerintah daerah dapat mempertahankan piala Adipuran yang sudah diraih sejak beberapa tahun terakhir," kata dia.

Selain itu, kata dia, untuk memboyong kembali penghargaan dibidang kebersihan tersebut, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu saat ini melakukan penghijauan dengan menanam pohon pelindung di sejumlah titik di Kota Baturaja.

"Pemerintah juga memperbanyak jumlah kotak sampah yang ditempatkan di tempat-tempat strategis di pusat Kota Baturaja," ujar dia.