Jamkrindo fasilitasi UMKM di Palembang peroleh kredit lebih besar

id jamkrindo, penjaminan kredit umkm, pelaku umkm, jamin kredit pelaku umkm, jamkindo palembang

Jamkrindo fasilitasi UMKM di Palembang peroleh kredit lebih besar

Pemimpin Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo Adnan Lukman Hatta bersama Pimpinan Cabang Jamkrindo Palembang Trio Witarko pada acara syukuran peringatan HUT ke-49 Jamkrindo, di Palembang, Senin (1/7). (Foto ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/19)

....Jika pelaku UMKM dinilai memenuhi persyaratan dan diyakini mampu mengolah dana yang dipinjam untuk modal kerja dan investasi....
Palembang (ANTARA) - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) Cabang Palembang, Sumatera Selatan memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memperoleh kredit investasi dan modal kerja lebih besar dari agunan yang dimiliki.

"Perusahaan penjaminan kredit milik negara ini tidak hanya memberikan penjaminan bagi pelaku UMKM untuk mengajukan kredit ke perbankan tetapi juga bisa memfasilitasi memperoleh pinjaman modal yang lebih besar dari agunan yang dimiliki," kata Pimpinan Cabang Jamkrindo Palembang Trio Witarko pada acara syukuran peringatan HUT ke-49 Jamkrindo, di Palembang, Senin.

Sebagai contoh, pelaku UMKM yang akan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau kredit/pembiayaan modal kerja dan investasi di bidang usaha produktif namun belum dinilai layak oleh bank (bankable) akan dijamin pinjamannya.

Selain menjamin pinjamannya, Jamkrindo juga bisa meningkatkan nilai kredit yang dibutuhkan pelaku UMKM sesuai dengan pembiayaan modal kerja dan investasi yang dibutuhkan.

Pelaku UMKM yang membutuhkan pembiayaan sebesar Rp400 juta namun hanya memiliki agunan/jaminan kredit berupa tanah dan bangunan senilai Rp200 juta, bisa dilakukan penjaminan kreditnya secara maksimal sesuai dengan pembiayaan yang dibutuhkan.

"Jika pelaku UMKM dinilai memenuhi persyaratan dan diyakini mampu mengolah dana yang dipinjam untuk modal kerja dan investasi, bisa saja kucuran dana pinjamannya lebih besar dari agunan yang dimiliki," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan memberikan fasilitas maksimal kepada pelaku UMKM, penyaluran KUR diharapkan bisa mempercepat pengembangan usaha produktif masyarakat.

Penjaminan KUR untuk modal kerja dan investasi diberikan kepada setiap pelaku UMKM mulai puluhan juta rupiah hingga maksimal Rp500 juta, kata Trio Witarko.

Sementara Pemimpin Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo Adnan Lukman Hatta menambahkan pihaknya berusaha memfasilitasi pelaku UMKM yang belum bankable mendapatkan pinjaman modal usaha.

Masyarakat yang memanfaatkan jasa Jamkrindo di wilayah Kanwil II Palembang meliputi lima provinsi yakni Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung selama semester pertama 2019 ini cukup besar.

Berdasarkan data Januari-Juni pihaknya telah memfasilitasi puluhan ribu pelaku UMKM memperoleh kredit untuk investasi, modal dan pengembangan usaha dengan volume penjaminan sekitar Rp6,5 triliun.

Realisasi penjaminan kredit itu terbesar dari sektor Kredit Usaha Rakyat (KUR) perbankan, dan penjaminan kredit Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), kata Adnan.