Pemkot minta Forum Anak pelapor terdepan masalah anak

id forum anak palembang,penguatan forum anak,perlindungan anak,forum anak,pelepor anak,wawako palembang

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda berinteraksi dengan peserta program pembangunan kapasitas Forum Anak di Kota Palembang, Kamis (27/6/2019). (ANTARA/Aziz Munajar)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang meminta Forum Anak menjadi pelapor terdepan permasalahan anak, termasuk yang berkenaan dengan kekerasan terhadap anak maupun paparan narkoba pada anak.

"Narkoba masih menjadi perang besar setiap orang tua agar tidak mempengaruhi anak-anaknya, selain itu kekerasan terhadap anak juga masih kerap ditemui dari kekerasan fisik hingga seksual, forum anak harus terdepan melaporkan jika ada temuan-temuan," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis, dalam acara pembangunan kapasitas Forum Anak di Kota Palembang.

Ia mengajak para anggota dan pengurus Forum anak bersatu memerangi penyalahgunaan narkoba, pernikahan dini, dan semua bentuk kekerasan terhadap anak.

Berkenaan dengan pencegahan pernikahan dini, ia mengatakan, Forum Anak harus menjadi jembatan informasi dan komunikasi antara anak dan orangtua mengenai konsekuensi dari pernikahan dini.

"Anak-anak harus menyelesaikan sekolah terlebih dahulu, sebisa mungkin menempuh sampai jenjang pendidikan yang tinggi," katanya.

Wakil Wali Kota juga menyatakan bahwa pemerintah berusaha mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) dengan memenuhi hak-hak anak serta menjalankan upaya-upaya perlindungan anak.

Pemerintah Kota membentuk Gugus Tugas KLA untuk menyamakan persepsi serta menjalankan upaya-upaya perlindungan anak serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi para pemangku kepentingan terkait untuk mewujudkan KLA.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar