Bawaslu OKU perketat pengawasan Pilkada 2020

id Bawaslu OKU perketat pengawasan Pilkada 2020,bawaslu oku,pilkada 2020

Bawaslu OKU perketat pengawasan Pilkada 2020

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan memperketat pengawasan pengawasan dan memaksimalkan sumber daya alam  pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di wilayah setempat.

"Pada Pilkada 2020 nanti kami memperketat pengawasan mulai dari Bawaslu hingga tingkat Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)," kata Ketua Bawaslu Ogan Komering Ulu (OKU), Dewantara Jaya didampingi Koordinator Divisi Pengawasan Hubal dan Humas, Yeyen Andrizal di Baturaja, Kamis.

Saat ini pihaknya sedang rapat koordinasi nasional evaluasi dan penyusunan laporan pengawasan pemilu tahun 2019 gelombang II di Bangka Belitung membahas mengenai penulisan laporan akhir pengawasan.

"Kegiatan ini menjadi bahan evaluasi dari kegiatan Pemilu 2019 agar pemilu yang akan datang lebih baik lagi," ungkapnya.

Menurut dia, dalam mengoptimalkan pengawasan pemilu, Bawaslu Provinsi dan kabupaten/kota dapat melakukan perjanjian kerjasama dengan lembaga terkait dengan prinsip kemandirian.

Kerjasama dengan lembaga terkait tersebut harus terjalin dengan kemandirian, keterbukaan, keadilan, efisien dan efektif sesuai ketentuan Perbawaslu.

"Bahkan, dalam Perbawaslu RI Nomor 21 tahun 2018 tentang pengawasan penyelenggara pemilu pasal 13 juga diatur tentang koordinasi dengan instansi/lembaga terkait ini," tegasnya.

Sementara lanjut dia, terkait masa kerja petugas pengawas pemilu tingkat kecamatan yang bertugas sebelumnya, pihaknya belum dapat memastikan apakah akan diperpanjang atau dilakukan perekrutan ulang.

"Terkait hal itu kami masih menunggu petunjuk dan arahan dari Bawaslu RI," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar