Pemprov Kalteng bentuk tim ekspedisi petakan daerah calon ibu kota negara

id calon ibu kota,pemindahan ibu kota,pemerintah kalimantan tengah

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan membentuk tim ekspedisi untuk memetakan kondisi tiga daerah yang dicalonkan sebagai ibu kota negara, yakni Kabupaten Gunung Mas dan Katingan serta Kota Palangka Raya.

"Tim ekspedisi ini rencananya kami bentuk untuk memetakan serta memantapkan potensi tiga wilayah yang merupakan calon ibu kota negara yang baru," kata Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Palangka Raya, Kamis.

Tim yang pembentukannya melibatkan TNI, Polri, perwakilan perguruan tinggi dan pihak terkait lain itu, menurut dia, akan menelusuri ketiga daerah calon ibu kota negara untuk mengumpulkan data-data mengenai potensi sumber daya alam serta sejarah dan budayanya.

"Jadi saat pemerintah pusat memerlukan suatu data, kami bisa langsung menyediakannya dengan perhitungan yang riil dan akurat. Bukan hanya perkiraan ataupun sepenggal-sepenggal," katanya.

Data-data dari tim ekspedisi itu, menurut dia, juga akan melengkapi data-data yang dibutuhkan pemerintah dalam merancang program-program pembangunan daerah.

Gubernur meminta pemerintah kabupaten dan kota yang bersangkutan mendukung kerja tim ekspedisi dengan menyiapkan data terperinci mengenai wilayahnya.

"Pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten dan kota harus saling mengisi dan melengkapi. Hingga apa yang menjadi keperluan pemerintah pusat, tidak ditemukan kendala dalam upaya memenuhinya," katanya.

Pemerintah mewacanakan pemindahan ibu kota negara karena kondisi lingkungan Jakarta semakin menurun. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan wilayahnya siap menjadi ibu kota menggantikan Jakarta.
 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar