Cegah terorisme, FKPT Sumsel gelar rembuk aparatur kelurahan

id Fkpt sumsel, terorisme, radikalisme,rembuk kelurahan, cegah radikalisme,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari

Dokumen - Ketua FKPT Sumsel Feriansyah, Inspektur BNPT Amrizal dan sejumlah pembicara dalam Forum Literasi pencegahaan terorisme di Palembang, Kamis (5/7/18). (ANTARA News Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Selatan menggelar rembuk aparatur kelurahan dan desa untuk mencegah aksi terorisme dan penyebarluasan paham radikalisme.

Rembuk aparatur kelurahan dan desa yang berlangsung di salah satu hotel berbintang di Palembang, Kamis, membahas tentang literasi informasi dengan thema "Saring Sebelum Sharing".

Ketua FKPT Sumsel Periansya menjelaskan penangkalan radikalisme dan terorisme membutuhkan dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat termasuk aparatur kelurahan dan desa.

Potensi radikalisme dan terorisme di masyarakat tengah menuju kuat, kondisi tersebut perlu diwaspadai bersama agar tidak menimbulkan masalah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

 
Ketua FKPT Sumsel Periansyah saat memberikan penjelasaan dalam acara rembuk cegah terorisme. (ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/Ang/19)

Potensi radikalisme dan terorisme perlu disampaikan kepada aparatur kelurahan dan desa sebagai ujung tombak pendekatan kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dan mengembangkan paham tersebut.

Bahaya radikalisme dan terorisme juga perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat hingga pelosok kelurahan dan perdesaan.

Kegiatan kelompok radikal dan teroris terstruktur dan terencana, jangan sampai masyarakat terpengaruh dan terlibat dalam kegiatan kelompok tersebut karena aksinya bertentangan dengan hukum.

Berdasarkan hasil penelitian, kelompok radikal dan teroris mempengaruhi masyarakat dan menyebarkan paham mereka melalui media sosial karena tidak ada penyaringannya.

Melalui berbagai tindakan pencegahan dan peningkatan pemahaman masyarakat mengenai bahaya paham radikalisme dan terorisme diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat terutama dalam menyaring informasi terkait paham tersebut.

Saring sebelum berbagi penting dilakukan masyarakat agar tidak menimbulkan masalah dan menjadi sarana penyebarluasan paham radikalisme dan terorisme.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar