Gubernur Sumsel minta panitia kejuaraan MXGP manfaatkan LRT

id lrt,Mxgp, gubernur sumsel, tiket.com, manfaatkan lrt, kereta layang ringan, macet, moda transportasi massal, kejuaraan dunis mxgp

Gubernur Sumsel minta panitia kejuaraan MXGP manfaatkan LRT

Dokumen - LRT melintas di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (17/10/2018). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta panitia kejuaraan Motorcross Grand Prix memanfaatkan kereta ringan atau Light Rail Transit untuk menghindari kemacetan.

"Selama ini saat liburan saja kawasan Jakabaring Palembang sering macet, apalagi bila ada kejuaraan dunia maka kemacetan akan terjadi. Untuk menghindari macet sebaiknya para pengunjung menggunakan LRT,"  kata gubernur di Palembang, Selasa.

Apalagi kejuaraan dunia itu merupakan motorcross yang sangat diminati masyarakat sehingga arus lalu lintas di kawasan tersebut harus diantisipasi.

Pemprov Sumsel menawarkan panitia penyelenggara untuk memanfaatkan kereta listrik tersebut sebagai sarana transportasi peserta termasuk penonton menuju Jakabaring Palembang atau tempat kejuaraan.

"Bila perlu kerja sama dengan pengelola kereta layang ringan sehingga keduanya sama-sama bermanfaat," katanya.

Menurut gubernur, di satu sisi LRT akan selalu penuh penumpang dan di sisi lain untuk menghindari kemacetan saat pelaksanaan kejuaraan dunia tersebut.

Dia mengatakan kereta listrik tersebut sebelumnya digunakan untuk transportasi peserta Asian Games 2018.

Namun, usai pelaksanaan pesta olahraga negara Asian tersebut digunakan untuk angkutan massal bagi masyarakat daerah ini.

"Yang jelas saat kejuaraan dunia nanti tidak boleh macet karena itu akan mengganggu sehingga perlu dicarikan jalan keluarnya yang salah satunya kerja sama dengan PT KAI, " katanya.

Sementara Head of Commercial tiket.com Andi Hendrawan mengatakan, pihaknya akan menjajakan kerja sama tersebut agar pelaksanaan MXGP berlangsung sukses.

"Sekarang ini panitia terus berkoordinasi dengan instansi terkait terutama dalam pengaturan arus lalu lintas untuk menyukseskan MXGP mendatang," tambah dia.