Kelompok tani dapat bantuan bibit bawang merah

id petani bawang merah,bantuan bibit bawang,petani bawang oku,pemerintah bantu petani bawang,petani bawang,tanaman bawang,tanaman bawang merah

Kelompok tani dapat bantuan bibit bawang merah

Ilustrasi - Petani memanen bawang merah (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww)

Baturaja (ANTARA) -  Kelompok tani di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan mendapat bantuan bibit bawang merah dari pemerintah pusat untuk dibudidayakan di lahan perkebunan milik petani di wilayah setempat.

"Bibit bawang ini akan dibagikan kepada sejumlah kelompok tani di OKU dalam waktu dekat ini," kata Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Saihu melalui Kabid Holtikultura, Hendri Eka Putra di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, bantuan bibit bawang merah untuk lahan seluas 5 hektare bersumber dari dana APBN dan APBD Kabupaten OKU tahun anggaran 2019 tersebut akan dibagikan untuk dua kelompok tani di wilayah setempat. Sedangkan untuk bibit bawang merah bantuan dari dana APBN tahun anggaran 2019 seluas 25 hektare iperuntukkan bagi tiga kelompok tani di Kabupaten OKU yang akan dibagikan dalam waktu dekat ini.

Sedangkan bantuan bibit bawang dari dana APBD Kabupaten OKU setiap kelompok tani nantinya dibantu sebanyak 600 kilogram per haktare, sedangkan sumber dana APBN mendapat 300 kilogram per hektare.

"Untuk bantuan dari APBN jumlahnya memang lebih kecil yaitu hanya 300 kilogram per hektare,  sehingga kelompok tani harus menambah kekurangan tersebut," katanya. Bantuan tersebut saat ini sedang dalam proses tender guna mencari pihak kontraktor pemenang lelang proyek pengadaan bibit bawang merah untuk didistribusikan kepada kelompok tani di wilayah setempat.

"Saat ini bantuan dari dana APBD sudah selesai proses lelang tinggal menunggu pemenang tender mendistribusikannya dalam waktu dekat ini kepada kelompok tani. Sedangkan untuk pengadaan APBN masih dalam proses tender," ujarnya.